Model Remaja Ini Tewas Karena Kelelahan Kerja, Yuk Belajar Supaya Kamu Ngga Mengalaminya
Sumber: Thesiberiantimes.com

Health / 30 October 2017

Kalangan Sendiri

Model Remaja Ini Tewas Karena Kelelahan Kerja, Yuk Belajar Supaya Kamu Ngga Mengalaminya

Puji Astuti Official Writer
2505

Memiliki dedikasi yang tinggi terhadap profesi atau pekerjaan tentu sudah keharusan, tapi jangan sampai kamu jadi workoholic hingga mengabaikan kesehatanmu ya. Apa yang dialami oleh seorang gadis berusia 14 tahun yang menjadi model ini cukup menjadi pelajaran bagi kita. Dia jatuh pingsan dan kemudian meninggal dunia akibat kelelahan bekerja. 

Usia gadis bernama Vlada Dzyuba ini masih sangat belia, namun ia bermimpi menjadi model internasional. Mimpi gadis asal Rusia itu membawanya ke China karena dikontrak oleh agen untuk bekerja selama 3 bulann disnaa. Namun pada saat melakukan pagelaran busana selama 13 jam, dia jatuh pingsan dan koma selama dua hari, bahkan kemudian nyawanya melayang. 

"Suhu tubuhnya meningkat saat dia hendak naik ke catwalk. Beberapa menit kemudian Vlada jatuh dan tak sadarkan diri," demikian berita yang dirilis oleh The Siberian Times.

Baca juga : Kelelahan, Pendeta Gereja Besar ini Mengundurkan Diri dari Jabatannya

Hasil otopsi mengungkapkan bahwa penyebab kematian Vlada adalah meningitis yang diperparah oleh kelelahan yang amat sangat. Ibunya mengungkapkan bahwa puterinya itu pernah mengeluh  terlalu lelah saat ia menghubunginya melalui telephone. Namun putrinya itu tidak berani untuk pergi ke dokter, sedangkan sang ibu tidak bisa mendampinginya karena tidak bisa mendapatkan visa. 

"Dia menelepon saya dan berkata dia amat lelah dan ingin sekali tidur. Itu pasti awal dari sakitnya," jelas Oksana, ibu Vlada.

Fenomena "kematian karena kelelahan bekerja" ini bukanlah hal yang baru, di Jepang hal ini sering terjadi, nama penyakit ini disebut Karoshi. Namun kebanyakan kematian karena Karoshi disebabkan oleh serangan jantung. 

Nah, supaya kamu ngga ngalamin hal yang sama, kamu harus perhatikan ciri-ciri orang yang kelelahan ini: 


Baca juga : 5 Makanan Tepat Untuk Disantap Saat Kelelahan

1. Kelelahan kronis 

Tahap awal, kamu merasa seperti kurang energi dan selalu lelah sepanjang hari. Ditahap yang lebih parah, kamu bukan hanya merasa lelah secara fisik tapi juga emosional.

2. Insomnia

Awalnya mungkin cuma kadang-kadang sulit tidur,  namun jika sudah parah kau semakin sering sulit tidur atau bahkan sama sekali tidak bisa tidur. 

3. Sering lupa, sulit konsentrasi dan memberikan perhatian

Dampak dari hal ini adalah kamu sulit menyelesaikan pekerjaanmu, hingga tugasmu semakin menumpuk.

4. Tanda-tanda fisik

Kamumulai merasakan sakit di dada, jantung berdebar-debar, nafas pendek, nyeri lambung, pusing, dan pingsan.  

5. Daya tahan tubuh menurun


Baca juga : 3 Aktivitas Jitu Atasi Kelelahan

Kamu jadi sering terkena flu, infeksi atau bahkan alergi. 

6. Kehilangan selera makan mengakibatkan menurunnya berat badan

7. Kegelisahan, kuatir dan merasa tegang serta stres. 

8. Depresi

Awalnya mungkin kamu cuma merasa sedih, putus asa, kesepian atau bahkan merasa apa yang kamu kerjakan tidak berguna. Kamu merasa terperangkap dengan pekerjaan kamu, sehingga kamu merasa depresi. 

9. Emosi yang tak terkendali

Kamu jadi mudah tersinggung, hingga menjadi pribadi yang pemarah. Seringkali bukan hanya rekan kerja yang kena dampaknya, tapi juga orang-orang di rumah. 

Kalau kamu mengenali beberapa ciri-ciri di atas ada dalam hidupmu, maka ada baiknya kamu melakukan evaluasi terhadap pekerjaan dan pola hidupmu. Ada beberapa hal yang mendasar agar kamu tetap sehat saat mengejar impian dan juga karirmu, yaitu:

1. Kamu harus tidur cukup, minimal 6 hingga 8 jam sehari. 

2. Kamu harus makan teratur, dan makanlah makanan yang sehat. 

3. Kamu harus minum air yang cukup, minimal 8 gelas atau sekitar 2 liter sehari. 

Kadang jadwal kerja yang sibuk membuat orang sering melupakan banyak hal, termasuk waktu tidur, makan dan juga minum. Saya sarankan untuk kamu selalu memprioritaskan ketiga hal di atas sehingga kamu bisa mencapai kesuksesan tanpa mengorbankan hal yang paling penting yaitu kesehatanmu. 

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami