Saat Hari Pensiun Tiba, Apakah Keuanganmu Sudah Cukup Untuk Membiayaimu Sampai Akhir?

Finance / 27 October 2017

Kalangan Sendiri

Saat Hari Pensiun Tiba, Apakah Keuanganmu Sudah Cukup Untuk Membiayaimu Sampai Akhir?

Naomii Simbolon Official Writer
3015

“Apakah uang saya sudah cukup?”

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang penting bagi kita semua. Apakah uang kita sudah cukup saat pensiun tiba? Apakah kita sudah memiliki dana untuk membiayai keluarga ataupun diri kita sendiri di hari tua?

Pertanyaan ini menjadi pendorong sehingga kita mulai memikirkan rencana keuangan masa depan. Namun sayangnya, kekuatiran masih saja menyerang kita.

Saya percaya bahwa ini adalah perspektif dan iman. Kalau kamu benar-benar orang yang beriman dan percaya bahwa Tuhan memegang kendali, kamu harus mulai melakukan dan membuktikannya supaya nggak sekedar rencana.

Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai..” (1 Korintus 4:2, AYB)

Membuktikan iman dalam hal keuangan merupakan tanggung jawab kita, karena Tuhan telah mempercayakan kita asetNya yang dapat digunakan untuk kemuliaanNya.

Nah, berikut ada  beberapa strategi yang akan membantu kamu merencanakan keuangan kamu dengan benar untuk masa depan:

1   Anggarkan Biaya Pensiun Masa Depan Kamu


Meninjau biaya kamu saat ini merupakan awal yang baik untuk kebutuhan di masa depan kamu. Hitunglah biaya masa depan kamu dengan mengalikan biaya saat ini sebesar 75 persen, untuk biaya pensiun.

Misalkan saja kamu memiliki pengeluaran setahun termasuk dengan uang sekolah anak-anak sebesar 100 juta, hitunglah sebesar  100 juta dikali 75 persen untuk masa depan kamu, berarti kamu memiliki target 75 juta untuk kamu kumpulkan selama setahun.

Namun bagi beberapa keluarga, mereka akan mengurangi biaya pendidikan lanjutan dan biaya perjalanan pulang pergi kerja dan pakaian kerja dari total tabungan pertahun.

Anggap saja biaya pendidikan, pakaian dan ongkos per tahun kamu adalah 10 juta

Sehingga kamu harus menabung perbulan 75-10 juta yaitu  65 juta selama setahun.

2   Petimbangkan Semua Investasi Kamu


Nah, investasi saat ini di luar daripada anggaran uang pensiun, dapat dimanfaatkan untuk pendapatan.

Kamu bisa menabung pendapatan saat ini di bank yang lain untuk pensiunmu nanti. Atau kamu bisa menciptakan investasi lain dari pendapatanmu saat ini untuk masa depan. Pertimbangkan semua investasi kamu dan atur sebaik mungkin sehingga hasilnya bisa di nikmati di hari tua nanti.


Baca Juga : 5 Cara Ini Bikin Kamu Dapat Uang Lebih Didunia Kerja. Dijamin!

3  Membuat ansuransi kesehatan di hari tua

Kita tidak pernah tahu kapan mengalami sakit dan apakah tetap memiliki uang.

Setelah kedua strategi diatas kita lakukan ,kita tentu masih harus memikirkan hal terpenting selain sekedar biaya sehari-hari.

Membuat ansuransi kesehatan pada saat ini akan menjagai kamu sampai dihari tua. Jadi kamu tidak perlu lagi memikirkan biaya untuk ini sebab kamu sudah menabung untuk ansuransi sejak dini.

Ketiga hal itu kamu bisa lakukan demi hari tua yang bahagia dan bebas dari kemiskinan dalam hal keuangan.

Seperti peribahasa “sediakan payung sebelum hujan,” demikian kita harus menyediakan dana dan strategi keuangan sebelum hari tua tiba dan kita nggak bisa bekerja lagi.Namun yang lebih penting dari semua itu, tetaplah percaya bahwa Tuhan menyediakan masa depan yang penuh harapan bagimu. 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami