Orangtua Wajib Ajarkan Anak-anak Soal Halloween dengan Cara Ini…
Sumber: USA Today

Relationship / 30 October 2021

Kalangan Sendiri

Orangtua Wajib Ajarkan Anak-anak Soal Halloween dengan Cara Ini…

Lori Official Writer
3946

Sebagai orang-orang percaya, kita tahu sendiri bahwa Halloween adalah acara yang sangat tidak sesuai dengan Alkitab. Karena pada sejarahnya, acara yang dirayakan dengan kostum-kostum menyeramkan ini identik dengan ritual penyembahan terhadap setan dan sihir. Pengertian itu pun mulai bergeser dengan pemahaman anak-anak jaman sekarang bahwa Halloween adalah suatu momen untuk bersenang-senang saja.

Tapi sebagai orangtua, kita perlu waspada dengan pola pikir yang anak-anak kita pahami soal Halloween. Karena itulah kita perlu mempersiapkan anak-anak kita soal apa yang mereka dengar, lihat dan lakukan.

Tanggal 31 Oktober ini, Halloween akan dirayakan di beberapa negara, termasuk beberapa kota di Indonesia. Acara yang dianggap untuk seru-seruan ini pun bisa diadakan di sekolah, di lingkungan tempat tinggal, dan di beberapa tempat lainnya. Jadi, inilah saatnya untuk membicarakan soal Halloween bersama anak.

 

Sampaikanlah kebenaran soal Halloween kepada anak

Anak-anak belum mampu membedakan antara fantasi dan realita. Kartun-kartun di TV adalah hasil karya imajinasi seseorang, tapi anak berumur 3 tahun akan percaya kalau itu adalah realita.  Tugas kita sebagai orangtua adalah menjaga hati anak-anak kita dengan cara tidak sekali-kali mengajak mereka merayakan acara-acara aneh semacam Halloween. Untuk menjaga pikiran dan hati mereka yang hal yang mereka lihat, jangan sekali-kali mengijinkan mereka untuk mengenakan kostum atau benda-benda menyeramkan.

 

Baca Juga: Melihat Sisi Lain Dari Hari Halloween, Hari Kasih Karunia Tuhan

 

Selain itu, orangtua juga bisa menyampaikan kata-kata yang positif dan mengandung firman Tuhan supaya mereka mengerti bahwa hal-hal semacam itu bukanlah sesuatu yang berasal dari Tuhan. Bila perlu, jawablah semua pertanyaan kenapa Halloween itu tidak baik sesuai dengan firman Tuhan sebagaimana disampaikan dalam:

Mazmur 56: 3 : “Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu”

Ingatkanlah bahwa Halloween itu bertentangan dengan Tuhan karena hanya akan menyebabkan kita dipenuhi rasa takut. Sementara Tuhan sendiri malah menawarkan solusi atas ketakutan kita.

Yohanes 8: 12, “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."”

Halloween membawa orang kepada situasi yang gelap dan menyeramkan. Sementara Tuhan menawarkan terang. Yesus sendirilah terang itu.

Yohanes 14: 6, “Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Kostum-kostum menyeramkan di Halloween menggambarkan soal kematian. Tapi sebagai orang Kristen, kita harusnya merayakan hidup karena kita tahu di dalam Yesus kita mampu menang atas kematian.

 

Baca Juga: Yakin Orang Kristen Mau Rayain Halloween? Ketahui Asal Usulnya Ini Dulu Yuk!

 

Selain menyampaikan kebenaran-kebenaran ini, barengilah dengan tindakan di bawah ini:

  • Berdoalah untuk anak-anakmu supaya apa yang kau bagikan bisa dipahami dengan benar.
  •  ayat-ayat pendukung dalam doamu dan mintalah Tuhan supaya berbicara secara pribadi kepada anak-anakmu.
  • Mintalah supaya anak menghafalkan beberapa ayat soal hal ini sebagai alat bagi mereka untuk berjaga-jaga apabila berhadapan dengan orang-orang yang mempercayai Halloween.

Lakukanlah langkah-langkah ini supaya anak-anakmu terhindar dari pemikiran yang menyesatkan soal Halloween. 

Sumber : Faithfullmoms.org
Halaman :
1

Ikuti Kami