Sebut Dirinya ‘Walikota Semua Umat Beragama’, Cara Ridwan Kamil Responi Komentar Netizen
Sumber: Kompas.com

Nasional / 26 October 2017

Kalangan Sendiri

Sebut Dirinya ‘Walikota Semua Umat Beragama’, Cara Ridwan Kamil Responi Komentar Netizen

Lori Official Writer
4107

Sebagai Walikota, Ridwan Kamil memiliki tanggung jawab untuk mengayomi semua warga, tak peduli agama, suku dan rasnya. Tapi bagi warga yang tak tahu sama sekali soal tugas dan kewajibannya akan sangat sudah melemparkan kritikan dan protes atas tindakannya yang dianggap tidak sesuai dengan kaidah agama yang dianutnya.

Tak cuma sekali saja Ridwan mendapat komentar sinis dari warga Bandung yang mengikutinya di sosial media Instagram. Walikota Bandung ini memang terbilang cukup aktif memposting aktivitasnya di sana. Kadang kala dia memamerkan aktivitas saat meresmikan sebuah gedung gereja umat Kristen, gedung keagamaan umat Budha dan tentunya kegiatannya di Masjid-masjid.

Tapi ada saja warga yang gagal paham dengan postingan-postingannya kalau hal itu berkaitan dengan agama lain. Seperti halnya ketika dirinya meresmikan gedung pendidikan Budha, Bodhi Sinar Terang Bandung dan Cetiya Bodhi Sinar Terang pada Minggu, 2 Oktober 2016 tahun lalu. Tak sedikit netizen yang berkomentar menanyakan kenapa Ridwan Kamil yang notabene adalah Muslim harus meresmikan gedung umat Budha. Dengan santun pria yang disapa Emil inipun memberi penjelasan bahwa sebagai wali kota dirinya bertugas sebagai bapak dari semua umat beragama. Jadi, dia nggak cuma sibuk mengurusi masalah yang berkaitan dengan agamanya sendiri, tetapi justru semua warga tanpa memandang agama.

Baca Juga : Dinilai Mampu Jaga Kebebasan Beragama, Ridwan Kamil Dapat Penghargaan Dari Komnas HAM

Hal serupa juga terjadi ketika dirinya memposting sebuah gambar di Instagram pada Minggu, 22 Oktober 2017 lalu. Di gambar bertuliskan ‘Subuh Berjamaah’ itu dia menambahkan keterangan yang berisi ajakan bagi umat Muslim untuk melakukan ibadah subuh di hari itu. Tak lupa, dia juga mengingatkan umat Kristiani supaya jangan bolos kebaktian Minggu.

Merasa tak enak hati membaca ajakan Ridwan kepada umat Kristiani, netizen pun mulai melayangkan komentar sinis. Salah satu netizen dengan akun @miminnnmm menulis, “pas awal awal postingannya enak dibaca tapi pas akhir ko ngingetin umat kristiani sih pak?bapak imannya masib setengah?”

Ridwan pun membalas komentar tersebut dengan jawaban yang menohok. Katanya, “@miminnnmm saya walikota semua umat beragama. Bukan seperti anda.”



Tampaknya Ridwan Kamil memang sudah menjadikan ucapan ini sebagai senjata untuk menjawab ketidakpahaman warga atas apa yang dilakukannya kepada semua warga berbeda-beda agama di Bandung.

Untuk memberi pemahaman kepada masyarakat, Ridwan pernah menyampaikan dengan tegas bahwa sebagai wali kota adalah tugasnya untuk melayani semua warga. Karena sebagai pejabat negara, dia tak sepantasnya bertindak diskriminatif terhadap warga dari minoritas.

“Sebagai Wali Kota Bandung saya adalah wali kota semua umat beragama, mau agamanya apa saja, selama orang itu KTP Bandung mendapat perlindungan dari saya, mendapat restu dari saya,” jelasnya.

Kita berharap ada banyak pejabat negara punya pemikiran begini ya. Dan sebagai negara pluralis yang menjunjung Pancasila sebagai ideologi negara, pemerintah memang sudah sepantasnya berlaku adil bagi semua warganya.

Sumber : Kompas.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami