Kamu Harus Tahu! Inilah 4 Ayat Alkitab Soal Riba
Sumber: www.merdeka.com

Finance / 25 October 2017

Kalangan Sendiri

Kamu Harus Tahu! Inilah 4 Ayat Alkitab Soal Riba

Budhi Marpaung Official Writer
67103
Riba apaan tuh? Pernah dengar sih, tapi gak tahu artinya. Jika kamu masih baru dengan kata ini, berikut definisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: riba artinya 1. pelepas uang; lintah darat; 2. bunga uang, rente.

Apakah riba sama dengan membungakan uang seperti yang dilakukan oleh pihak bank? Tidak sama. Kegiatan riba justru membungakan uang secara tidak wajar.

Alkitab bahkan ada menuliskan perihal riba. Berikut adalah 4 ayatnya:

1. Keluaran 22:25-27

Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umat-Ku, orang yang miskin di antaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya. Jika engkau sampai mengambil jubah temanmu sebagai gadai, maka haruslah engkau mengembalikannya kepadanya sebelum matahari terbenam, sebab hanya itu saja penutup tubuhnya, itulah pemalut kulitnya--pakai apakah ia pergi tidur? Maka apabila ia berseru-seru kepada-Ku, Aku akan mendengarkannya, sebab Aku ini pengasih.


2. Ulangan 23:19

"Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan atau apapun yang dapat dibungakan.

3. Imamat 25:36-37

Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu. Janganlah engkau memberi uangmu kepadanya dengan meminta bunga, juga makananmu janganlah kauberikan dengan meminta riba.

4. Amsal 28:8

Orang yang memperbanyak hartanya dengan riba dan bunga uang, mengumpulkan itu untuk orang-orang yang mempunyai belas kasihan kepada orang-orang lemah.

Lalu kalau begitu bagaimana sikap kita seharusnya sebagai anak Tuhan dalam soal meminjamkan uang? Lakukan saja apa yang dikatakan Tuhan Yesus:

“Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.” (Matius 5:42)

Baca Juga: Yesus Telah Meneladani Terlebih Dahulu! Yuk Kita Bersaat Teduh

Berilah pinjaman bila memang bisa. Lakukan itu dengan hati yang berbelas kasih bukan mencari keuntungan besar.

Akhir tulisan, selamat mempraktikkan!

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami