Kalau Mau Sehat, Berhentilah Santap 7 Menu Ini Sebagai Makan Siang
Sumber: Taste.com

Health / 24 October 2017

Kalangan Sendiri

Kalau Mau Sehat, Berhentilah Santap 7 Menu Ini Sebagai Makan Siang

Lori Official Writer
4172

Sarapan nggak kalah penting dari makan siang. Tapi tahukah kamu kalau jenis makanan yang kita makan waktu sarapan sangat menentukan pilihan makanan kita di siang hari loh!

Makan siang juga cukup penting bagi kesehatan. Memilih menu santapan yang tepat jadi kunci utama bagi tubuh untuk mendapatkan energi sepanjang hari. Sebaliknya, memilih menu santapan yang salah hanya akan merakibat pada perubahan mood dan juga kesehatan pencernaan.

Karena itu penting sekali untuk benar-benar memilih menu santapan makan siang yang tepat. Berikut ini ada 7 menu santapan yang harus dihindari untuk makan siang.

1. Pasta dan mie


Memilih menu pasta atau mie untuk makan siang tidak akan membuat perutmu kenyang sepanjang hari. Karena kandungan di dalam pasta atau mie hanya akan membuat kita mudah lapar. Akan lebih baik kalau kamu menyantap makanan dengan kombinasi kompleks, misalnya nasi, ikan, sayur dan buah sebagai pembuka atau penutup.

2. Selada dengan ayam tanpa nasi

Banyak orang berpikir kalau selada yang dikombinasi dengan ayam panggang atau ayam gulai adalah pilihan makan siang yang sangat sehat. Tapi masalahnya adalah makanan ini sangat minim lemak dan serat yang justru berfungsi untuk membuat perut kenyang lebih lama.

3. Kacang Granola

Kita berpikir kalau kandungan protein dan serat dalam kacang-kacangan sangat baik bagi kesehatan. Memang iya sih. Tapi menjadikan Granola sebagai santapan makan siang hanya akan membuatmu kekurangan nutrisi. Bagaimana pun kamu butuh kandungan nutrisi yang lengkap sebagai sumber energi sepanjang hari.

4. Roti tawar

Kamu mungkin merasa belum lapar-lapar amat. Karena itu kamu memilih menyantap satu sandwich saja untuk makan siang. Kalau kamu biasa melakukan kebiasaan makan ini, berhentilah sekarang. Tahukah kamu bahwa sepotong roti tawar minim sekali serat dan tinggi kandungan gula. Karena itulah memakan roti berlebihan hanya akan menyebabkan gangguan kecemasan dan penurunan energi.

5. Mayonnaise


Satu sendok mayonnaise hanya mengandung 100 kalori saja. Makanan yang satu ini hanya mengandung lemak dan sama sekali tak mengandung karbohidrat yang adalah sumber energi. Inilah salah satu makanan yang harus kamu hindari sebagai menu makan siang.

6. Minuman manis

Minuman manis hanya akan meningkatkan kadar gula dalam tubuh. Selain menyebabkan diabetes, minuman manis yang banyak dikonsumsi saat makan siang juga hanya akan membuat kamu gemuk.

7. Keripik dan kue-kue kering


Hindarilah keripik sebagai menu santapan makan siangmu. Karena makanan ini sama sekali minim serat dan protein. Keripik juga nggak bakal bikin kamu merasa kenyang. Kandungan MSG di dalamnya justru hanya akan membuat kamu ketagihan menyebabkan kalori dalam tubuhmu meningkat.

Demikian juga dengan kue-kue kering. Makanan ini amat tidak sehat bagi tubuh karena dibuat dengan bahan gula, tepung gandum. Mengkonsumsi makanan yang satu ini hanya akan meningkatkan lemak tak sehat dalam tubuh.

Jadi, buat kamu yang hendak makan siang akan lebih baik pilih makanan yang mengandung nutrisi lengkap, seperti sedikit nasi, daging atau ikan, sayur-sayuran hijau, buah dan air mineral.

Sumber : Boldsky.com
Halaman :
1

Ikuti Kami