Diduga Menista Agama Islam, FUIB Laporkan Pendeta Salatiga Ini Ke Polres Semarang.

Nasional / 19 October 2017

Kalangan Sendiri

Diduga Menista Agama Islam, FUIB Laporkan Pendeta Salatiga Ini Ke Polres Semarang.

Naomii Simbolon Official Writer
6323

Berawal dari komentar di facebook, pendeta ini diduga menuliskan ujaran kebencian terhadap Islam hingga dituduh melakukan penistaan agama. Mengingat negara kita adalah mayoritas Muslim, ujaran ini mengundang pro dan kontra sehingga Julius di laporkan oleh Forum Umat Islam Bersatu ke Polres Semarang, untuk diproses menurut hukum yang berlaku.

Pendeta yang bernama lengkap Julius Harry Surwono ini memang sudah menyadari kesalahannya, diapun meminta maaf secara langsung kepada umat islam dan juga menuliskan permintaan maaf melalui postingan di facebook pribadinya.

Namun hukum tetap berjalan dan harus diselesaikan dengan tuntas , seperti yang dikatakan oleh Budi Suryanto, Ketua Mualaf Center Indonesia (MCI) Salatiga  yang dikutip dari Panjimas.com ini

“Ini memediasi bahwa intinya ingin menyelesaikan masalah tersebut dengan damai tidak dibawa ke ranah hukum. Kami sendiri secara personal memang memaafkan. Namun adanya Undang-undang ITE ini tentang ujaran kebencian sudah ada. Kepada Kapolres kita pertanyakan buat apa adanya UU ITE kalau ada penistaan agama diselesaikan dengan damai. Kalau seperti itu, UU ITE ya dihapus saja, bukannya ini negara hukum,” katanya.

Rupanya hal ini juga ditanggapi oleh Penasehat hukum FUIB, Zaenal Abidin Petir . Dia mengimbuh serta menjelaskan bahwa laporan forum tersebut bukan semata-mata untuk menjatuhkan dan memenangkan diri sendiri, namun supaya masyarakat tahu cara penyelesaian dengan hukum yang baik. FUIB berupaya menjaga agar masyarakat tidak main hakim sendiri .

“Laporan ini kami laporkan supaya ada kepastian hukum, jadi masyarakat agar tidak melakukan tindakan hukum sendiri. Supaya terjaga. Bukan karena dikit-dikit lapor, bukan. Tapi supaya masyarakat umum tahu cara penyelesaian dengan hukum yang baik,” ujarnya (13/10/17).

Demi terjaganya toleransi antar umat beragama, baiknya kita menjaga setiap sikap kita untuk tidak menyinggung umat lain baik melalui bicara dan postingan di sosial media.

Kejadian ini mengajarkan kita secara pribadi untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan sosial media.

Baca Juga: Viral! Sketsa Mirip Yesus Ini Di Videoin Oleh Warga Kabupaten Minahasa

Sumber : Berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami