Fakta Alkitab : 2 Loh Batu 10 Perintah Allah Tulisan Jari Tuhan Sendiri
Sumber: JC Channel

Kata Alkitab / 18 October 2017

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : 2 Loh Batu 10 Perintah Allah Tulisan Jari Tuhan Sendiri

Puji Astuti Official Writer
59320

Keluaran 31:18

Dan TUHAN memberikan kepada Musa, setelah Ia selesai berbicara dengan dia di gunung Sinai, kedua loh hukum Allah, loh batu, yang ditulisi oleh jari Allah

Jika benda mati bisa berbicara, maka Gunung Sinai akan menceritakan sebuah kisah bersejarah yang sangat hebat, dimana Tuhan sendiri turun dipuncak gunung itu dan berbicara dengan seorang manusia yaitu Musa, dan memberikan dua loh batu yang ditulis dengan jari Tuhan sendiri. 

Dua loh batu itu kita kenal sebagai loh batu 10 Perintah Allah, perintah yang dituliskan sendiri oleh Pencipta Langit dan Bumi ini. Menarik bukan? Oleh karenanya JC Channel dan Museum Lembaga Alkitab Indonesia membahasnya secara khusus disini. 

Kapan ditulisnya 10 Perintah Allah tersebut?

"Diperkirakan masa itu sekitar 1400an Sebelum Masehi," demikian ungkap Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia.

Untuk lokasinya sendiri, tentu seperti yang tertulis di Alkitab, diberikan di Gunung Sinai. Gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Horep, berada di Semenanjung Sinai, Mesir. 


Baca juga : 10 Gunung yang Dinilai Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! (Part 1)

10 Gunung yang Dinilai Paling Suci di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Loh! (Part 2)

Jenis batu yang digunakan

Menurut kepercayaan Yudaisme, dalam talmud dipercaya bahwa batu yang digunakan adalah jenis Batu Safir atau Batu Lapis Lazuli. Diketahui bahwa batu ini memang mudah ditemukan di kawasan Gunung Sinai.  

"Batu Safir ini memiliki makna tersendiri, batu ini menyimbolkan langit, menyimbolkan Surga dan menyimbolkan tahta Allah," jelas Bambang. 

Apakah loh batu kedua yang menggantikan yang dipecahkan Musa menggunakan batu yang sama? 

"Bisa jadi menggunakan batu yang sama, karena pada saat peristiwa itu mereka masih sekitaran lokasi itu," jawab Bambang. 

Bahasa apa yang digunakan Allah untuk menuliskan 10 Perintah Allah?


"Dituliskan dengan bahasa Ibrani, namun kalau kita melihat naskah-naskah yang sekarang sudah menggunakan Ibrani yang moderen, tapi kalau ini (Loh Batu 10 Perintah Allah) menggunakan bahasa yang jauh lebih tua," jelas Bambang sambil menunjukkan replika 2 loh batu koleksi Museum Lembaga Alkitab Indonesia.

Mengapa Tuhan memilih media tulis batu?

Karena media yang saat itu lazim digunakan adalah batu atau tablet. 

Mengapa Tuhan memberikan 10 Perintah Allah kepada bangsa Israel?

10 Perintah Allah menjadi dasar bagi hukum Tuhan dalam kehidupan bangsa Israel. Hal itu juga menjadi sari atau banyak aturan-aturan yang ada dalam agama Yahudi dan budaya Israel. Suatu aturan yang mengatur kehidupan yang kudus sesuai dengan standar Allah dan juga kehidupan moralitas. 

Apakah kamu diberkati dengan pembahasan tentang minyak urapan di atas?  Kamu bisa nonton video pembahasan  dengan mengklik pada gambar dibagian atas artikel ini. Nah kalau kamu ingin tahu Fakta Alkitab lainnya kamu juga bisa menonton videonya dengan mengunjungi JC Channel di YouTube dengan KLIK DISINI.


Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami