Nggak Hanya Enak, 5 Makanan Ini Bikin Jantung Kamu Semakin Sehat Lho!
Sumber: www.tannersfish.com

Health / 11 October 2017

Kalangan Sendiri

Nggak Hanya Enak, 5 Makanan Ini Bikin Jantung Kamu Semakin Sehat Lho!

Naomii Simbolon Official Writer
2253

Didalam dunia yang semakin cepat, kita dituntut untuk semakin gigih bekerja dan berlari mengejar mimpi dan karya. Kita tentu perlu semakin menjaga stamina dan kesehatan tubuh kita, untuk menikmati itu semua kedepan. Oleh karena itu kita harus menjaga tubuh kita sejak dini, baik itu olahraga ataupun makanan.

Nah berikut ini saya akan bagikan beberapa makanan yang sangat bagus buat kesehatan jantung kamu.

1.  Semangka

Selain manis dan enak, buah yang rendah kalori dan kaya serat ini memiliki sumber antioksidan yang tinggi. Menurut Dr. Sarah Samaan, ahli jantung Legacy Heart Center di Dallas-Fort Worth Metroplex ini mengatakan : “Buah semangka merupakan sumber Lycopene yang luar biasa dengan risiko penyakit jantung  dan kanker jauh sangat rendah.”

"Semangka juga menyediakan citrulline yang dapat memperbaiki kesehatan pembuluh darah dan bermanfaat bagi penyakit disfungsi dan diabetes,” tambahnya.

Selain itu, semangka juga merupakan sumber vitamin C dan A serta Kalium dan Magnesium.

2. Yogurt

? ?Untuk makanan manis dan gurih yang tidak menyumbat arterimu, pilihlah secangkir yogurt, ini juga baik bagi kesehatan jantungmu,” kata Dr. Paul, seorang dokter online dan kepala petugas medis di Boardvitals.com. 

Selain melindungi gusi dan mengurangi risiko jantung, yogurt juga sangat rendah lemak, dan mengandung antidioksidan, serat, vitamin dan probiotik yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. 

Campurkan buah yang segar untuk menikmatinya disiang hari.

3.  Tomat


Tomat mengandung dosis yang tinggi dan padat akan vitamin C yang baik bagi jantung kamu. 

"Cobalah untuk membuat saos tomat kamu sendiri, tambahkan oregano dan sayuran cincang untuk saus pasta buatan sendiri. Tambahkan gourmet untuk oksidan lebih tinggi,” saran Keri Glassman, ahli gizi dan host memasakan online di TV New York serta penulis buku “ The New You (and Improved) Diet.”

Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh kamu dari kerusakan.

4.  Alpukat

Buah ini memiliki lemak jenuh tunggal yang sehat dan merupakan sumber potassium dan mineral yang berfungsi juga untuk mengendalikan tekanan darah.

Menurut Bridget Swinney, seorang ahli diet terdaftar di Texas, alpukat merupakan sumber vitamin C, serat dan Karotenoid.

Hal ini sangat baik buat kesehatan tubuhmu apalagi jantung.

5. Salmon


Kalau kamu mengkomsumsi salmon sebagai hidangan utama kamu, jantung kamu akan memompa darah dengan baik dan kondisi jantungmu tetap prima. 

Studi menunjukkan mengkomsumsi ikan secara teratur setiap minggu akan membuat, sekitar 30% lebih rendah risiko terkena jantung koroner dalam waktu yang yang lama. 

Ahli gizi Georgia mengatakan: “Ikan air dingin seperti salmon, mengandung lemak omega-3, dan tingkat lipid berbahaya yang lebih rendah.”

Ya omega-3 berfungsi sedikit menekan tekanan darah dan mencegah irama jantung yang tidak teratur, sekaligus mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Jadi mari sajikan salmon kamu dengan sayuran collard. Nikmatilah makan sehat dan lezat tersebut sekarang!

Dibalik makanan diatas, jangan lupa barengi dengan menjaga pola istrahat serta olahraga yang teratur. Miliki tubuh yang sehat untuk memuliakan nama Tuhan. 

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami