Yakin Sudah Mengampuni Pasanganmu ? Coba Cek Dengan Cara Ini
Sumber: kompasiana.com

Marriage / 10 October 2017

Kalangan Sendiri

Yakin Sudah Mengampuni Pasanganmu ? Coba Cek Dengan Cara Ini

Naomii Simbolon Official Writer
6027

 

Memang mengampuni itu nggak gampang. Banyak orang yang stuck disebuah proses yang sama karena begitu sulit untuk mengampuni satu sama lain.

Nggak hanya dalam hubungan teman atau sahabat, tetapi juga dalam hubungan pernikahan yaitu suami dan istri. Aku ingat ketika Ayah berselingkuh dengan sahabat mama, hal itu tentu membuat hatinya hancur. Siapa coba yang hatinya nggak hancur melihat suami berselingkuh sama sahabatnya sendiri?

Ini sebuah situasi yang sulit sekali bagi mama waktu itu, bahkan kami sebagai anak merasa kecewa dengan kelakuan ayah. Namun sebagai orang Kristen saya menyadari bahwa ayah sedang berperang dengan pikirannya sendiri dan ini yang namanya proses dalam rumah tangga. Hari berlangsung, kejadiannya selesai karena akhirnya orangtuaku bicara baik-baik dan saling meminta maaf .

Ya, setiap orang memiliki sebuah permasalahan dalam hubungan rumah tangga masing-masing. Membereskannya sampai ke akar atau hanya sekedarnya, itu tergantung pilihan pribadi masing-masing.

Begitu juga dengan orangtuaku, saat ayah meminta maaf dan berubah, ibu menerima dengan baik. Tetapi seiring waktu,  mereka malah sering bersalah paham dan mama selalu menghakimi ayah hingga membatasi diri untuk bicara. Seperti ada kejanggalan dari kebiasaan-kebiasaan sebelumnya.

Inilah yang sering dilupakan oleh banyak orang dalam menyelesaikan sebuah masalah. Kamu beranggapan bahwa kamu sudah mengampuni  suami dan masalah sudah selesai, ternyata jauh didalam hatimu hal itu belum seutuhnya beres. Ini bisa menjadi bom yang sewaktu-waktu meledak dan menghancurkan keadaan, dan kamu harus mengetahuinya segera.

Lakukan cara-caa dibawah ini untuk menyelidiki hatimu:

1.   Ajak pasanganmu untuk bicara dan bernostalgia ke suatu tempat


Nggak ada salahnya meninggalkan anak bersama baby sitter seharian dan pergi ke sebuah tempat dimana kamu pertama sekali ketemu pasangan kamu, atau tempat indah saat pasangan kamu menembak kamu atau melamar kamu bahkan kamu bisa mengunjungi tempat makanan favorit yang menjadi saksi atas hubungan kalian yang sedang di mabuk asmara.

Nikmati berdua dan rasakan serta tanya hatimu paling dalam, apakah kamu masih merasakan kasih dan cinta yang sama? Atau justru merasa biasa saja?

2.   Jika hal ini belum membantu, cobalah ketahui perasaanmu dengan mengajaknya bicara mengenai kesalahan itu diatas tempat tidur atau saat berduaan


Memang kedengarannya mengusik masa lalu atau mengungkit kesalahan masa lalu.

Tapi trik ini cukup ampuh untuk kamu bisa mengetahui apakah kamu sudah mengampuni pasanganmu berserta kesalahannya.

Jika kamu sudah mengampuni, hal ini akan menjadi pembicaraan yang biasa dan menjadi sebuah lelucon. Jika kamu masih merasa kesal, dan malas membahas terlalu dalam, itu artinya hatimu masih belum beres.

Nggak ada salahnya mencoba kan?

3.  Jika kamu merasa nggak setuju melakukan hal yang diatas, kamu bisa mengecek sendiri kondisi hatimu apakah sudah mengampuni atau tidak dengan mengingat kesalahan pasanganmu dan mendoakannya.


Aku sering melakukan hal ini untuk mengevaluasi hatiku dan pikiranku.

Kamu juga bisa lakukan hal yang sama, inilah cara paling ampuh untuk mengetahui kondisi hatimu serta cara untuk membereskannya.

Pergilah ke kamarmu,ingatlah kembali kesalahan pasanganmu tersebut, berdoalah buat itu dan katakan “semua baik.”

Ubah cara berpikirmu dan katakan bahwa semuanya baik apapun yang sedang terjadi. Berdoalah dan bicara kepada Tuhan dengan kerendahan hatimu yang tulus bahwa kamu mengampuni kesalahan suamimu.

Aku bisa mengekspresikan kejadian itu didalam doa, kamu akan meraung menangis mengingat kesalahan dan perbuatan pasanganmu, serta bibirmu mulai berkata “aku mengasihi dan mengampuninya.”

Jika hal itu terjadi, kamu berhasil dan hatimu akan pulih. Kamu akan segera mengampuninya.

Baca Juga : Jadilah Pasangan Bahagia Dengan Unsur Alkitab Berikut

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat apakah kamu berhasil menepati janjimu diatas altar dimana kamu mencintai pasanganmu dalam kondisi buruk ataupun baik sekalipun.

Jangan izinkan kepura-puraan dalam hatimu menghalangi komunikasi kamu dengan suami, supaya rencana Tuhan semakin nyata atas hubunganmu.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami