Gak Perlu Panik! Inilah 3 Tips Jitu Bila Anak Menanyakan Soal Urusan Orang Dewasa
Sumber: Huffington Post

Parenting / 9 October 2017

Kalangan Sendiri

Gak Perlu Panik! Inilah 3 Tips Jitu Bila Anak Menanyakan Soal Urusan Orang Dewasa

Budhi Marpaung Official Writer
2330

Terkadang anak-anak mengajukan pertanyaan yang membuat kita tidak nyaman dan yakin bagaimana cara menjawabnya. Topik pertanyaan anak-anak yang paling kita takuti seringkali sama dengan yang diajarkan banyak orang untuk dihindari: seksualitas, narkoba, politik, perang dan penderitaan manusia.

Ada saat ketika ada pemisahan antara dunia orang dewasa dan dunia anak-anak. Anak-anak bahkan tidak menyadari topik ini sampai mereka mencapai usia remaja. Hari-hari ini tidak lagi. Karena, sebagian, berkat media, anak-anak sekarang telah terpapar dengan segala hal.

Baca juga: Tidak Hanya di Gereja, 3 Pendeta Ini Juga Jadi Jawaban untuk Sekitarnya

Jadi, sebagai orang tua, kamu harus siap membimbing anak-anakmu melewati dunia yang semakin kompleks. Berikut adalah beberapa tips untuk membantumu dan pasangan saat anakmu mengajukan pertanyaan yang membuat kamu akan berpikir keras:

1. Ambil "waktu bernafas". Kumpulkan pemikiran terlebih dahulu jika kamu belum memiliki banyak pengalaman berbicara tentang subjek ini.

Tidak apa-apa untuk mengatakan "Saya tidak tahu" atau "mari temukan jawaban untuk pertanyaanmu bersama-sama, di buku atau di internet." Jangan merasa seperti anakmu membutuhkanmu dan pasanganmu untuk menjadi ahli dalam setiap topik.


2. Ajukan pertanyaan kepada anakmu untuk mengetahui mengapa mereka tertarik dan seberapa banyak mereka sudah mengerti. Beri mereka cukup informasi dan tuntas sesuai dengan usia mereka saat ini.

3. Jangan merasa perlu menjelaskan setiap aspek subjek. Percayalah bahwa ada lebih banyak kesempatan yang akan muncul untuk meninjau kembali topik dengan anakmu.

Berusahalah untuk melindungi anakmu dari informasi orang dewasa - matikan televisi (terutama berita), perhatikan peringkat untuk film dan video game, perhatikan percakapan orang dewasa saat anakmu berada di dalam ruangan bersamamu dan atau pasanganmu. Ingat, kamu tidak bisa sepenuhnya melindungi anakmu yang sedang tumbuh dari dunia. Jagailah anakmu dari dunia, tetapi juga ajari anakmu bagaimana cara hidup di dalamnya.

Sumber : childtime.com
Halaman :
1

Ikuti Kami