Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
775


Hubungan pernikahan itu seperti mobil yang bagus dan bisa berjalan dengan lancar jika dijaga dan dirawat dengan bagus. Ini bisa berfungsi dengan efektif selamanya.

Sebaliknya jika diabaikan, dan sama sekali nggak ada aturan yang baik, gimana pun pernikahan kamu akan gagal.

Namun untungnya kita memiliki kuasa untuk mengontrol aturan yang baik bagaimana kita bisa menjaga pernikahan kita. Saya senang sekali melihat beberapa keluarga yang sangat waspada dan selalu memperhatikan pernikahan mereka apakah berfungsi dengan baik atau nggak.

Ada banyak unsur pernikahan yang kamu temui di 1 korintus 13 atau di Galatia 5:22-23, tapi kali ini aku ingin fokus kepada 3 hal yaitu belas kasih, pertimbangan dan kolaborasi alias perpaduan. Berikut aku akan coba jelaskan bagaimana kamu bisa melakukannya dalam kehidupanmu sehari-hari :

1. Belas kasihan karena sayang


Inti dari sebuah hubungan adalah belas kasihan. Karena ketika kita merasa kasihan kepada pasangan kita, tentu kita akan bergerak ke arah dia, peduli terhadap hidupnya, mulai dari masalahnya, makan dan minum serta semua hal.

Jika ada hal yang nggak beres dan kehilangan belas kasihan dalam rumah, maka pasangan akan merasa sesuatu ada yang kurang, hal ini menyebabkan pasangan akan mencari semua yang mereka bisa dapatkan.

Menurutku belas kasihan nggak harus terjadi secara tiba-tiba tetapi di usahakan, sampai seperti empati.

Ketahuilah bahwa kasih dibutuhkan secara konsisten, carilah cara yang baik untuk menunjukkan  kepedulian dan belas kasihan kamu kepada masalah yang dihadapi oleh pasangan.

Kolose 3:12 : “Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati  kelemahlembutan dan kesabaran.

2. Pertimbangan (Rasa hormat dan menghargai)


Ini sangat penting dalam menjalin hubungan. Pertimbangan menunjukkan bahwa kamu sedang memikirkan pasangan kamu, memperhatikan mereka dan permintaan mereka terhadap kamu. Kalau kamu benar-benar memperhatikannya, pasangan kamu sering memberitahu bagaimana cara supaya kamu menunjukkan bahwa kamu mencintainya. Seperti dari kalimat mereka saat berbicara dan beberapa hal yang mereka suka dan nggak suka . Memang terlihat sangat susah dimengerti, tetapi aku yakin kalian bisa menangkap informasi tersebut, hanya pernah nggak kamu mempertimbangkannya dan menerapkannya dalam hubungan kamu?

Terlalu sering kita mencintai pasangan kita, seperti kita ingin dicintai. Itu nggak bagus.

Saatnya kamu meluangkan waktu untuk mempertimbangkan siapa orang yang kamu nikahi! Apa kebutuhan unik mereka? Dan bagaimana mereka meminta untuk dicintai?

(Baca Juga : Yakin Sudah Siap Punya Anak? Coba Cek Tanda-Tanda Ini )

3. Kolaborasi

Bekerja sama dalam sebuah pernikahan sangatlah penting. Kolaborasi yang efektif mengarah kepada kerjasama, pengambilan keputusan yang lebih baik dan komunikasi yang sangat bagus.

Bekerja sama akan membawa perasaan yang positif tentunya.

Memang sebuah pernikahan adalah perpaduan dua orang dengan latar belakang nilai, kehidupan dan prinsip yang berbeda. Ini adalah sebuah hal yang membuat pernikahan menjadi sangat menarik, karena percampuran perspektif yang berbeda. Meski awalnya sangat mengasikan, perbedaan ini bisa menimbulkan konflik.

Jadi kamu harus tetap kerja sama, dan berkolaborasi bersama untuk membangun pernikahan. Mulai dari saling mendengarkan dengan hati-hati satu sama lain dan bekerja sama memecahkan masalah dengan baik.

Amos 3:3 : "Apakah dua orang akan berjalan bersama-sama, kecuali jika mereka telah bersepakat?(MILT).”

Sebuah pernikahan nggak akan pernah berhasil tanpa ada peranan Tuhan didalamnya. Melibatkan Allah dan menerapkan ketiga hal di atas adalah cara untuk merawat pernikahanmu, sehingga pernikahanmu langgeng dan berdampak.

Sumber : crosswalk.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Doma Santika Malau 22 October 2017 - 21:19:46

Doa untuk mempunyai anak

0 Answer

Silvi Kirey 22 October 2017 - 04:55:26

Apakah saya bisa menikah dengan yang beda agama de.. more..

1 Answer

Basaria Sitohang 22 October 2017 - 01:40:48

bagaimana mengenal diri sendiri

1 Answer


evelina 19 October 2017 - 15:25:05
kiranya Tuhan Yesus berkenan membuka hati lelaki y... more..

ARI 19 October 2017 - 08:25:34
Dear Team Prayer, dukung saya dalam doa untuk sua... more..

Veronica Sitanggang 18 October 2017 - 21:15:29
Bantu dukungan doanya agar Tuhan memenangkan jiwa ... more..

Dessy Sitohang 16 October 2017 - 20:16:48
Saya mohon bantu doa nya agar saya diangkat jadi S... more..

Banner Mitra Week 4


7314

advertise with us