Alami Godaan Seksual Saat Pacaran? 3 Cara Berikut Akan Menolongmu Untuk Terhindar

Single / 4 October 2017

Kalangan Sendiri

Alami Godaan Seksual Saat Pacaran? 3 Cara Berikut Akan Menolongmu Untuk Terhindar

Naomii Simbolon Official Writer
7474

Apakah kamu pernah belajar mengenai Hawa yang tergoda di Taman Eden (Kej 3:1-7) dan godaan/pencobaan kepada Yesus di padang gurun (Matius 4:1-11)? Mungkin kita juga sering mengulangi doa yang Tuhan ajarkan di Matius 6:13, “dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan,  tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat  (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.”

Godaan alias pencobaan bisa hadir dalam berbagai cara dan kapan saja. Bagi saya, godaan seksual yang datang bersamaan di waktu masa pacaran adalah hal yang sangat berat dan butuh perjuangan yang sangat kuat. Untuk itu, pertama-tama saya mau menyampaikan ayat penting dalam hal pencobaan alias godaan pada umumnya.

1 Korintus 10:13 : “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.”

Jadi melalui ayat tersebut kita bisa belajar bahwa :

1. Setiap orang sedang berjuang dengan godaan

Mungkin kamu pernah merasa bahwa kamu adalah satu-satunya orang yang tengah berjuang menghadapi godaan dan pencobaan. Ini bisa membuat kamu merasa terisolasi dari orang lain, memberi ruang bagi Iblis untuk mengintimidasi dan membuatmu tidak damai sejahtera dalam hatimu. Ayat ini menyakinkan kita bahwa kita nggak sendirian dalam perjuangan kita.

2. Kita nggak bisa menahan godaan tanpa Tuhan

Tuhan mengijinkan kita untuk dicobai dan Iblis akhirnya menggunakan godaan untuk menarik kita jauh dari kehendak Allah dan kehilangan fokus .

Namun ayat ini meyakinkan kita bahwa Tuhan akan selalu memberikan jalan keluar. Dengan kekuatanNya, kita akan menang terhadap pencobaan.

(Baca Juga : 4 Tipe Cowok Gini Jangan Mau Dinikahi, Ntar Kamu Nyesel )

Lalu bagaimana dengan godaan seksual dalam hubungan pacaran?

 

Berikut adalah beberapa pelajaran yang saya pelajari selama ini.

Seiring pertolongan Tuhan, ada perlindungan praktis yang bisa kita atur untuk menghindari godaan tersebut.

Roma 13:14 mengingatkan kita akan hal ini.

“Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus  sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu  untuk memuaskan keinginannya.”

Ayat ini memperingatkan kita untuk tidak “membuat suatu ketentuan” atau memberi celah untuk diri kita sendiri yang berkeinginan berbuat dosa.

Nah untuk itu berikut ada 3 cara yang ampuh untuk membantu kamu menghindari godaan seksual dalam hubungan pacaran :

1. Tetaplah dalam terang

Kadang ada sesuatu kegelapan pikiran kita dan membuat kita menjadi memikirkan hal yang buruk setiap saat .

Jangan biarkan itu terlalu lama, hiduplah dalam terang dan upayakan untuk bertemu dengan teman-teman Kristen yang kudus dalam komunitas dan kehidupanmu setiap hari. Itu akan membantu kalian untuk menerap dalam pikiran yang terang

2. Kencan didepan umum adalah cara yang terbaik


Kencan berduaan dan tanpa ada orang bisa mengundang godaan dan masalah.

Kapanpun kamu ingin ketemu pasangan kamu, pastikan itu ada di tempat  umum. Seperti di café, dimana saja yang banyak orangnya. Hal ini akan membuat kamu nggak melakukan hal-hal yang aneh.

3. Rencanakan waktu kamu secara efektif

Cara ini adalah cara yang patut kamu pikirkan. Aku melihat banyak anak-anak muda dalam hubungan pacaran yang selalu bertemu setiap hari. Mulai dari pagi, siang dan malam selalu bertemu.

Kadang saya berpikir, “Apakah nggak bosan?”

Mungkin saja nggak bosan, namun perlu diketahui bahwa kebiasaan ini justru semakin menimbulkan godaan seksual terhadap masing-masing.

Saatnya kamu harus mengatur waktu secara efektif untuk bertemu.

Memang kita sangat memerlukan pertolongan Tuhan dalam menghindari godaan, tetapi kita juga harus memiliki tindakan praktis yang searah dengan kebenaranNya.

Apakah kamu siap pulih dan menjauh dari godaan seksual dimasa pacaranmu? Silahkan lakukan cara ini dan jangan lupa untuk membagikannya kepada yang lain. 

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami