Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1184


Waktu musim hujan tiba, akan banyak bakteri dan virus yang kembang biak di sekitar kita. Mikroba yang tak terlihat secara kasat mata itu bahkan bisa menjangkiti tubuh dan menyebabkan infeksi. Salah satu penyakit yang paling akrab mewabah di musim hujan adalah flu yang disertai demam, batuk, sakit perut, diare, mengigil dan sebagainya.

Penyakit yang satu ini bisa dialami siapapun, mulai dari anak bayi sampai orang dewasa. Supaya cepat sembuh dari penyakit menganggu yang satu ini biasanya penderita bakal minum obat. Tapi selain mengkonsumsi obat, ternyata ada satu makanan yang juga ampuh sembuhkan flu loh.

Tahukah kamu kalau brokoli ternyata adalah salah satu sayuran yang bisa mengobati flu hanya dalam waktu 3 hari aja loh! Sarah Flower, seorang ahli gizi menjelaskan kalau sayuran-sayuran yang mengandung vitamin C, K, zat kromium dan folat sangat bermanfaat untuk menyembuhkan flu. Brokoli adalah salah satu sayuran hijau yang kaya akan vitamin C, A, kalium dan folat.


Penderita flu sangat disarankan untuk menyantap brokoli kukus atau yang direbus selama menderita flu. Kandungannya yang kaya dipercaya akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang lemah akibat serangan virus atau bakteri.

“Pada saat gejala flu sudah Nampak pastikan untuk meningkatkan asupan Anda dengan menyantap banyak buah, sitrus, pepaya, brokoli dan paprika merah, yang bisa membantumu tetap terlindung,” ucap Flower.

Selain rutin mengkonsumsi brokoli, Flower menyarankan penderita flu untuk menjaga pola makan. Salah satunya tidak meminum susu supaya tidak memperparah peradangan di tenggorokan.

“Cobalah untuk menghindari minuman manis terutama susu jika ternggorokan Anda penuh lendir karena minuman ini hanya akan memperparah kondisi penyakit. Tapi pilihlah air mineral (dicampurkan dengan lemon) atau meminum teh herbal yang hangat, atau buah. Teh herbal seperti sage, jahe, lemon, chamomile, elm dan teh hijau juga bisa membantu mengatasi masalah radang, hidung dan tenggorokan,” ucap Flower.

Supaya flu bisa cepat sembuh, penderita juga disarankan berolahraga karena biasanya penderita flu ditandai dengan kekurangan vitamin D. Jadi lewat olahraga penderita bisa kembali memenuhi kebutuhan ini.

“Pastikan Anda mendapatkan cukup paparan sinar matahari, dengan berjemur di bawah matahari 15 menit setiap hari,” jelasnya.

Tak ketinggalan, hal yang paling dibutuhkan penderita flu supaya sepat sembuh adalah beristirahat yang cukup. “Pastikan Anda bersitirahat, matikan wifi, ambil selimut, rileks dan istirahat. Tidur tidak hanya akan membuat badan enak tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda,” terangnya.


Wah, resep ini sepertinya layak dicoba ya di rumah. Apalagi buat kamu yang lagi mulai ngerasain gejala flu di musim penghujan ini.

Sumber : Express.co.uk/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:10:48

shalom... salam damai bagi kita semua... mohon did.. more..

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us