Suami-suami, Akrablah Sama Mertuamu Kalau Mau Punya Pernikahan Sebahagia Ini!
Sumber: Kabarnesia.com

Marriage / 27 September 2017

Kalangan Sendiri

Suami-suami, Akrablah Sama Mertuamu Kalau Mau Punya Pernikahan Sebahagia Ini!

Lori Official Writer
2758

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Universitas Michigan menyampaikan temuan mengejutkan kalau ternyata suami yang menjalin hubungan baik dan akrab dengan mertua bakal jauh lebih bahagia dalam pernikahannya. Nggak cuma itu, pernikahan mereka juga ditemukan jauh dari perceraian.

Peneliti Terri Orbuch, yang merupakan seorang psikolog dan profesor di Universitas Michigan sekaligus penulis buku ‘Finding Love Again’ ini mengatakan kalau hasil studi tersebut didapatkan dengan dari survey kepada 373 pasangan menikah pada tahun 1986. Dia meminta para suami dan istri menilai seberapa dekat hubungan mereka dengan mertua dan lalu penelitipun terus memantau kondisi hubungan mereka dari waktu ke waktu selama 26 tahun.

Dari hasil penelitian ini, Orbuch pun menemukan bahwa risiko perceraian menurun sebesar 20% dalam pernikahan suami yang punya hubungan baik dengan mertua atau orang tua dari istrinya.

Para suami ini mengaku bahwa hubungan baik mereka dengan mertua sama halnya hubungan mereka dengan orang tua mereka. Hanya saja mereka tak perlu harus terikat dengan orang tua mereka sendiri tanpa harus merasa dihakimi atau terlibat lebih dalam soal masalah rumah tangganya.

Nah, buat suami-suami yang enggan menjalin hubungan baik atau akrab sama mertua bisa mencoba pendekatan sederhana ini:

1. Jangan malu-malu, cobalah kenali mertuamu lebih dekat. Jangan batasi waktu bertemu kalian kalau kamu memang punya waktu luang untuk kumpul bersama. Hal ini penting sebagai bukti ke mereka kalau menantu mereka juga tetap peduli dengan orang tua istrinya.

2. Bersikaplah ramah saat mertua datang berkunjung ke rumah. Mereka adalah orang tua istrimu. Itu artinya mereka juga adalah orang tuamu. Jadi sebagai anak, bersikaplah sebagaimana kamu bersikap. Misalnya, saat mereka datang berkunjung ke rumah sambutlah dengan sikap yang paling ramah. Bila perlu jamu mereka sebagai orangtua yang dihormati.

3. Jangan segan-segan berbagi soal apa yang kamu alami. Jangan segan untuk bercerita ke mertua soal apa yang sedang kamu dan istrimu alami dalam pernikahan kalian. Mintalah nasihat dari mereka sebagai orangtua yang bisa dipercaya. Hal itu akan membuat mertuamu merasa kalau menantunya adalah sosok yang mau belajar dan mau dipimpin.

4. Kasih kejutan-kejutan kecil ke mertua

Memberikan kejutan-kejutan kecil ke mertua bisa jadi cara paling gampang akrab dengan mereka. Misalnya, waktu ibu atau ayah mertua ulang tahun kasih kado yang mereka butuhkan. Atau bawa mereka liburan ke tempat yang mereka suka bareng dengan putri dan cucu-cucu mereka.

Jangan biarkan hubungan kalian renggang hanya karna nggak membangun hubungan baik sama mertua. Buktikan ke mereka kalau kamu adalah suami terbaik untuk putri mereka.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami