4 Cara Ala Alkitab Untuk Membuat Pernikahanmu Bahagia
Sumber: Womansday.com

Marriage / 26 September 2017

Kalangan Sendiri

4 Cara Ala Alkitab Untuk Membuat Pernikahanmu Bahagia

Naomii Simbolon Official Writer
5734

Mengetahui perjanjian Allah yang besar dan penuh kebahagiaan dalam kehidupan rumah tanggamu, kadang kita merasa nggak sesuai dengan kenyataan. Allah menjanjikan sebuah kebahagiaan dalam rumah tanggamu, namun kenyataan amarah selalu ada bahkan hubungan menjadi canggung.

Tetapi sebagai suami/istri, kita tentu nggak boleh berhenti berharap dan menjadi nggak percaya dengan firman yang mengandung janji tersebut. Sebab kita mengetahui bahwa segalanya butuh proses dan usaha bukan?

Berikut 4 ayat Alkitab yang akan memperlengkapi kamu untuk membentuk kehidupan rumah tangga yang bahagia seperti yang Allah firmankan :

1. Jangan pernah mengungkit-ungkit kesalahan dimasa lalu


Entah iya atau nggak, banyak rumahtangga retak karena hal ini. Mengungkit-ungkit kesalahan suami atau istri yang terjadi 1 atau 2 minggu yang lalu, sehingga amarahpun timbul dan nggak bisa dipungkiri, kamu akan mulai menghakimi hingga membencinya.

Lukas 6:37  : “Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan di hukum, ampunilah dan kamu akan diampuni.”

2. Utamakan rumah tanggamu dibanding duniamu sendiri

Aku ingat, ayahku pulang malam setiap hari karena berkumpul dengan teman-temannya di warung tongkrongan. Mengingat dia akan mencalonkan diri sebagai kepala desa, dia memerlukan waktu yang ekstra untuk berkumpul bersama masyarakat.

Tetapi itu bukan alasan yang baik bagi seorang ibu yang sedang butuh bantuan ayah mengurus bayi.

Ya, banyak hal yang memicu rumah tangga salah tanggap, salah satunya karena egois memikirkan dunia sendiri. Seperti istri yang melulu berkumpul dengan teman-temannya dengan alasan bisnis atau arisan, sampai suami merasa kesepian.

Perlu kita ketahui bahwa nyawa dalam sebuah hubungan adalah saling memiliki waktu dalam komunikasi yang intim, seperti hubungan kita dengan Tuhan.

Markus 8:36: “Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya?”

3. Jangan pernah tidur jika ada masalah yang belum dibereskan


Kebiasaan kita sebagai manusia adalah mendiamkan kesalahan seseorang dan menunggunya menyadari sendiri. Bagaimana jika dia sama sekali nggak menyadari atau bahkan nggak ingin meminta maaf ?

Hal ini salah satu yang harus dihilangkan dalam hubungan rumah tangga.

Nggak ada salahnya jika suamimu yang salah, kamu menegor dan bicara padanya. Atau justru sebaliknya, minta maaf lah dan bereskan bersama-sama.

Karena jika hal ini berlarut terlalu lama hingga keesokan harinya, hubungan kalian akan retak dan muncul salah paham yang lain.

Seperti firman Allah berkata di Efesus 4:26 : “Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa; janganlah matahari terbenam sebelum padam amarahmu dan jangalah beri kesempatan kepada iblis.”

4.  Hidup lah dalam konsep hubungan yang penuh Kasih

1 Korintus 13: 4,5: “Kasih itu sabar; kasih itu murah hati;ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.”

Untuk hidup dalam perjanjian Tuhan dalam pernikahan yang bahagia, usaha terpenting yang harus kita lakukan adalah hidup dalam kasih seperti firman diatas.

Demikian 4 ayat alkitab serta penjelasannya bagi kamu yang menginginkan sebuah pernikahan yang bahagia.

Teruslah mengejar kehendakNya dan bersandar padaNya, serahkan hubungan pernikahanmu kepadaNya.

(Baca Juga : Tunjukkan Kasihmu Dalam Penikahan dengan Cara Ini )

Sumber : CBN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami