Aneh! Fotografer Norwegia Ini Rela Keliling Dunia Demi Temui 6 Sosok Jelmaan Yesus Ini
Sumber: delightexclusive.wordpress.com

Internasional / 23 September 2017

Kalangan Sendiri

Aneh! Fotografer Norwegia Ini Rela Keliling Dunia Demi Temui 6 Sosok Jelmaan Yesus Ini

Lori Official Writer
4194

Seorang fotografer asal Norwegia, Jonas Bendiksen sungguh berniat sekali mengunjungi sejumlah tempat di dunia dalam tiga tahun terakhir. Tujuannya pun cukup aneh yaitu bertemu orang-orang yang mengklaim diri sebagai jelmaan Yesus Kristus.


Sumber:KCET/Fotografer Jonas Bendiksen

Bukan asal sembarang orang, Bendiksen pun cukup selektif dalam memilih orang-orang yang ditemuinya itu. “Yang pertama, mereka secara terbuka mengaku sebagai Juru Selamat. Yang kedua, mereka mengaku secara konsisten menerima wahyu dalam jangka waktu yang lama, mungkin selama beberapa dekade. Yang ketiga, wahyu yang diterima tersebut telah diterbitkan menjadi kitab suci,” demikian diucapkan Bendiksen, sebagaimana dikutip dari BBC Indonesia.

Orang-orang ini kemudian didokumentasikan oleh Bendiksen dalam sebuah buku yang ditulisnya berjudul ‘The Last Testament’ yang terbit di pertengahan bulan September ini. Siapa saja orang-orang yang mengaku ‘jelmaan Yesus’ itu?  Bendiksen menuliskan 6 orang diantaranya yaitu:

1. David Shayler


Dia adalah seorang bekas perwira intelijen asal Inggris. Di mata Bendiksen, Shayler adalah “Juru Selamat era digital” karena aktif di media sosial Twitter. Shayler punya 328 pengikut.

Dia juga kabarnya aktif menjawab surat elektronik yang memakai tanda tangan: David Shayler, Kristus.

Bendiksen pun membubuhkan beberapa foto Shayler dan beberapa kegiatannya seperti saat sedang berkhotbah di satu gereja di Inggris dan minum kopi di satu kafe. Pria ini mengaku mulai menerima wahyu dari Tuhan pada tahun 2007.

2. Vissarion


Orang kedua yang mengklaim diri sebagai Yesus adalah Vissarion atau dipanggil dengan sebutan ‘Kristus dari Siberia’. Dia adalah bekas polisi lalu lintas berusia 56 tahun dari Minusinsk, salah satu kota di Siberia.

Dalam kesehariannya, Vissarion selalu tampil dengan kemeja putih dan jenggot panjang di wajahnya.

Setelah mengaku menerima wahyu, Vissarion kemudian mendirikan gereja The Last Testament pada awal 1990-an. Vissarion biasanya bertugas memimpin prosesi upacara keagamaan di desa-desa dekat hutan Siberia. Setiap prosesi yang mereka jalankan juga diatur dengan indah lengkap dengan iringan musik. Pengikutnya pun sudah mencapai ribuan orang.

3. Mitsuo Matayoshi


Matayoshi adalah Yesus ketiga yang ditemui Bendiksen. Informasi tentang ritual keagamaan yang dijalankan Matayoshi terbilang cukup sedikit didapatkan karena pria asal Jepang ini menolak kehidupan dirinya dimasukkan dalam buku Bendiksen.

4. Moses Hlongwane


Jelmaan Yesus yang satu ini adalah seorang mantan karyawan di sebuah toko perhiasan di Afrika Selatan. Setiap hari, rumahnya dipenuhi dengan orang-orang yang ingin belajar tentang ajarannya. Dia mengaku diangkat sebagai Juru Slamat lewat sebuah mimpi pada tahun 1992.

5. Yesus dari Kitwe


Dia hanya dipanggil Yesus oleh pengikutnya walaupun mempunyai beberapa nama. Sehari-hari, Yesus asal Kitwe, Zambia ini bekerja sebagai sopir taksi. Dia mengaku bekerja sembari mempersiapkan dunia untuk kehadiran Kerajaan Allah.

6. INRI atau lesus Nazarenus Rex ludaeorum


INRI adalah pria asal Brasil yang mengklaim diri sebagai jelmaan Yesus.

Saat bertemu orang-orang ini, Bendiksen mengaku tak mudah percaya dengan ucapan-ucapan mereka. Dia menuturkan, ketika menggarap proyek ini, dia tetap memposisikan diri tidak untuk mengklaim bahwa ucapan mereka benar. Dia juga menegaskan tak setuju kalau orang-orang menyangka mereka mengalami gangguan jiwa.

“Mereka berbeda dengan orang-orang yang berada di rumah sakit jiwa yang mengaku sebagai Yesus,” kata dia.

Dia hanya menyelami kehidupan mereka, apa pandangan mereka terhadap dunia, dan apa dampak kegiatan mereka terhadap umat manusia, atau setidaknya bagi orang-orang di sekeliling mereka. “Kesan saya, orang-orang ini sangat yakin telah menerima wahyu dari Tuhan. Mereka yakin diberi amanat untuk menjadikan umat manusia ini menjadi lebih baik. Saya juga menangkap kesan, ada beban di pundak mereka dengan klaim bahwa mereka adalah penjelmaan Yesus,” terangnya.

Ya, ada banyak orang yang muncul dan mengklaim diri sebagai jelmaan Yesus. Kemudian orang-orang ini mulai menyebarkan pengajaran yang justru seringnya bertentangan dengan kebenaran firman Tuhan dalam Alkitab. Itu sebabnya kita patut berhati-hati dan kritis dalam mempercayai doktrin atau pengakuan orang-orang khususnya jika itu hanya membawa kemuliaan bagi diri mereka sendiri, dan mencoba merampas posisi Yesus yang sudah mati disalibkan demi menebus kita.

Sumber : BBC Indonesia/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami