Australia Survei Untuk Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Ini Pro Kontra Yang Muncul
Sumber: The New Daily

Internasional / 19 September 2017

Kalangan Sendiri

Australia Survei Untuk Legalkan Pernikahan Sesama Jenis, Ini Pro Kontra Yang Muncul

Puji Astuti Official Writer
3867

Pelegalan pernikahan sesama jenis semakin meluas dan diadopsi berbagai negara, dan saat ini menjadi salah satu agenda penting di negara tetangga kita, Australia. Minggu ini, negara Kanguru tersebut sedang melakukan survei atau voting kepada seluruh penduduknya apakah mereka setuju atau menolak adanya Undang-undang Pernikahan Sesama Jenis. 

Namun banyak pihak, termasuk para politisi sendiri kuatir, jika undang-undang tersebut diresmikan akan berdampak kepada kebebasan beragama seperti yang telah terjadi di beberapa negara, seperti Amerika dimana ada banyak kasus dimana orang yang tidak mau usaha mereka melayani pernikahan sesama jenis akhirnya harus berurusan dengan hukum. 

Baca juga : Paus Koptik Ini Tegaskan Kalau ‘Pernikahan Sesama Jenis’ Tak Pernah Ditulis dalam Alkitab

Perlindungan terhadap kebebasan beragama

Mantan Perdana Menteri John Howard menganggap pemerintahan saat ini yang dipimpin Perdana Menteri Malcolm Turnbull "cuci tangan terhadap tanggung jawab apapun" karena terancamnya kebebasan beragama di negara tersebut jika undang-undang pernikahan sesama jenis dilegalkan. Namun Turnbull menampik hal itu. 

Perdana Menteri Malcolm Turnbull (Sumber gambar: illawarramercury.com.au)

"Saya hanya ingin meyakinkan masyarakat Australia bahwa sama seperti saya percaya hak pasangan sesama jenis untuk menikah, lebih lagi saya, jika kamu suka, saya percaya kepada kebebasan beragama," demikian ungkap Turnbull. 

"Kebebasan beragama adalah hal mendasar dan itu akan dilindungi dalam setiap undang-undang yang muncul dari parlemen ini," demikian tambahnya.

Baca juga : Mark McClendon : Pernikahan Sesama Jenis Bertentangan dengan Alkitab 

Jaminan untuk gereja

Ia pun menjamin bahwa Parlemen Australia akan menjamin gereja tidak terdampak atas perubahan ini dan mereka tidak dipaksa untuk menikahkan pasangan sesama jenis. 

Namun mereka yang menolak pernikahan sesama jenis, termasuk Howard, meminta lebih dari itu, termasuk kebebasan agar sekolah berbasis agama bisa mengajarkan bahwa pernikahan hanya bisa dilakukan antara pria dan wanita. 

Sumber : abc.net.au | CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami