Susah Menabung? 5 Cara Ini Akan Membantumu Untuk Bisa Hemat

Finance / 16 September 2017

Kalangan Sendiri

Susah Menabung? 5 Cara Ini Akan Membantumu Untuk Bisa Hemat

Naomii Simbolon Official Writer
4432

Merasa sulit untuk menabung? Yap! Tentu banyak orang yang merasa pusing dan sangat sulit untuk menabung. Bekerja selama 3-4 tahun, rekening pun tetap kosong di akhir bulan. Nggak ada sisa dan nggak ada tabungan.

Salah satu kunci untuk menabung adalah belajar hidup hemat. Mau tau gimana caranya biar lebih hemat? Inilah kebiasaan-kebiasaan yang bisa membantu kamu untuk hidup lebih hemat!

1. Belajar membudget pengeluaran kamu (Budgeting)

Budgething adalah keterampilan alias skill yang harus kamu miliki dan sangat penting dalam kehidupanmu.

Dengan penghasilanmu perbulan, berapakah uang yang harus kamu keluarkan. Penting kamu nggak hanya budgeting pengeluaran bulanan saja, tetapi juga pengeluaran harian. Kadang kala kita nyantai tanpa membatasi pengeluaran kita, gimana bisa ngerem pengeluaran kalau begitu?

Nah, mulai dari sekarang coba deh budgeting uang pengeluaran kamu perbulan hingga perhari, supaya kamu bisa berhemat. Yuk, mulai belajar!

2. Biasanya riset harga dulu sebelum mengunjungi ataupun membayar

Misalnya nih, kamu ingin honeymoon ataupun liburan bareng pasangan kamu. Kamu sudah menentukan budget untuk hotel dalam 1 minggu, misalkan. Tetapi sesampai disana, harga hotel jauh lebih mahal dibanding perkiraan kamu. Mau nggak mau, kamu harus bayar lagi dan melebihi dari budget. Kan rugi!

Dan lebih nggak enaknya lagi, pemesanan dari online justru jauh lebih murah daripada pemesanan ke hotelnya langsung. Waduh!

Alangkah baiknya, kalian riset tempat dulu baik itu riset melalui telepon ataupun online. Lakukan perbandingan harga, supaya bisa lebih menghemat.

3. Bawa botol minum dan makan dari rumah

Nyadar nggak sih kalau harga minuman di restoran memiliki margin keuntungan yang begitu besar?

Nah, kalau kamu sudah menyadari itu, biasakan membawa botol minuman saat beraktivitas diluar rumah ya.

Kamu bisa isi botol kamu dengan air putih atau minuman kesukaan saat kamu sedang makan diluar. Daripada beli minuman diluar, mengapa nggak bawa sendiri aja.

Lumayan hemat kan?

4. Biasakan merencanakan harimu

Nah, biasanya ini jarang sekali dilakukan oleh banyak orang. Coba deh belajar membuat perencanaan atas harimu yang berhubungan dengan keuangan. Misalnya: perjalananmu dan uang bensin mobil.

Kalau ada jalan motong yang baik dan cepat untuk sampai ke kantor, kenapa tidak? Lumayan irit bensin dan pengeluaran.

Selain itu cobalah rencanakan untuk sesekali menggunakan angkutan umum daripada naik kenderaan pribadi /online. Itu bisa membuatmu  jauh lebih hemat.

5. Tulis semua pengeluaranmu

Point terakhir dan paling penting adalah menulis semua pengeluaranmu dalam satu list baik di buku atau di labtopmu. Dengan begitu kamu bisa melihat pengeluaran apa saja yang cukup besar dan bisa di minimalisir.

Misalkan, ternyata kamu mengeluarkan uang yang besar untuk delivery GOFOOD. Mungkin itu artinya, kamu harus lebih sering membeli makanan ditempat yang dekat dan yang lebih murah. Bila penting, kamu harus lebih sering memasak makanan dirumah dan melupakan jajanan diluar.

Nah, Gimana? Nggak susah kan? Begitulah kira-kira cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa menabung. Semoga berhasil ya.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami