Apakah Overdosis Makanan dan Minuman Akan membunuhmu?

Health / 15 September 2017

Kalangan Sendiri

Apakah Overdosis Makanan dan Minuman Akan membunuhmu?

Naomii Simbolon Official Writer
3807

Overdosis makanan dan minuman bisa mengakibatkan meninggal dunia, masak sih?

Kalau di pikir-pikir, biasanya orang akan meninggal jika overdosis terhadap sebuah obat atau mungkin akan meninggal jika memakan makanan beracun atau minuman beracun.

Masa sih ada makanan dan minuman yang bikin kita meninggal jika dimakan terlalu banyak? Tentu ada, bahkan semua makanan dan minuman sehatpun bisa bikin kamu muntah bahkan mati jika di komsumsi terlalu banyak.

“Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya” (Ams. 25:16).

Nah, berikut daftar makanan dan minuman yang kalau komsumsi terlalu banyak bisa meninggal:

1. Overdosis Air putih


Menurut Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Budi Wiweko, normalnya remaja dan dewasa minum air putih 8 gelas per hari atau dua liter.

“Minum air 8 gelas perhari itu sangat vital.”

Lalu bagaimana jika kamu meminum jauh melebihi daripada 2 liter? Misalkan saja 8-9 liter? Itu namanya overdosis.

Kalau kamu mimun air putih 8-9 Liter perhari, ginjal kamu akan banyak berjuang untuk mengeluarkan air dari system pencernaan kamu. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini bahkan bisa merusak organ tubuh atau edema otak dan pernafasan. Dengan demikian bisa mengakibatkan kematian bukan?

2. Overdosis Kopi


Kita semua tentu mengetahui bahwa kopi mengandung kafein. Zat stimulan ini bisa bikin daya ingat kamu semakin meningkat, namun jika kamu komsumsi dengan 200 gram perhari. Jadi memang nggak heran jika kita sering minum kopi saat pagi sebelum kerja atau malam saat pekerjaan banyak.

Lalu gimana kalau minum kopi berlebihan?

Dilansir dari Seventeen, seorang remaja laki-laki berusia 16 tahun asal South Carolina meninggal dunia karena terlalu banyak minum kopi. Kafein mengakibatkan gagal jantung dan mematikan.

Bahkan sebuah penelitian yang disponsori oleh National Institute on Drug Abuse pada tahun 1994 menyatakan bahwa kacanduan kafein sama dengan kecanduan alkohol atau rokok dll .

Jadi gimana? Jangan biasakan minum kopi terlalu banyak jika kamu ingin sehat ya.

3. Overdosis Cokelat


Hey, kamu suka makan cokelat? Saya juga menyukainya.

Cokelat adalah makanan nikmat yang pertama sekali tumbuh dari negara Amerika Tengah. Cokelat nggak hanya bermanfaat sebagai anti depresi, tetapi juga bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Itu karena cokelat mengandung antioksidan yang tinggi.

Nah, ternyata mengkomsumsi cokelat terlalu tinggi juga bisa berakibat fatal lho. Untuk overdosis rendah bisa mengakibatkan pusing dan mual dan selanjutnya bisa mengakibatkan peradangan dibagian usus, apalagi bagi kamu yang memiliki masalah dalam lambung seperti maag

Nggak hanya itu, dikutip dari boldsky.com kelebihan makan cokelat juga bisa mengakibatkan pendarahan internal,epilepsi , diare bahkan kematian.

4. Overdosis dengan Pisang


Pisang itu memang sehat. Sangat sehat, apalagi untuk pencernaanmu.

Tetapi berlebihan makan pisang juga bisa merenggut nyawa. Pisang mengandung kalium dan potassium dan menurut Kumparan.com terlalu banyak makan pisang bisa mengakibatkan Hyperkalemia dimana kondisi detak jantung kamu jadi nggak beraturan , lumpuh sementara, otot lemas, tekanan darah yang rendah. Dan bahkan dalam kondisi yang parah bisa mengakibatkan gagal jantung dan meninggal dunia.

Wah, sungguh mengerikan ya. Memang segala sesuatu yang berlebihan nggak baik bagi tubuh. Bahkan Alkitab sendiri sendari dulu sudah mengajarkan untuk meminta dengan cukup artinya makanlah dengan cukup seperti Doa Bapa Kami yang di ajarkan oleh Yesus berikut :

Bapa kami yang di sorga,

Dikuduskanlah nama-Mu,

datanglah Kerajaan-Mu,

jadilah kehendak-Mu

di bumi seperti di sorga.

Berikanlah kami pada hari ini

makanan kami yang secukupnya

dan ampunilah kami akan kesalahan

kami, seperti kami juga mengampuni

orang yang bersalah kepada kami;

dan janganlah membawa kami ke

dalam pencobaan,

tetapi lepaskanlah kami daripada

yang jahat.

Karena Engkaulah yang empunya

Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan

sampai selama-lamanya. Amin. (Lukas 11:2-4)

Jadi gimana? Siap mengubah hidup dengan cukup dan nggak serakah?

Sumber : Berbagai sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami