Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
628


Menjadi Single alias Jomblo, memang cukup menganggu pikiran ya? Ngaku atau nggak ngaku, kebanyakan para single akan sering galau alias baperan saat melihat teman-temannya udah pada digandeng apalagi udah menikah.

“Aku kapan menikah? Bosan dengan rutinitas sehari-hari, kapan jalan sama pacar sendiri? Kapan bahagia dengan keluarga sendiri? Kapan aku bahagia?”

Pertanyaan yang sering kita lontarkan dalam diri sendiri dan akhirnya membuat kita sedih dan galau.

Tuhan sudah menyediakan yang  terbaik bagimu. Jangan kuatir ya! Daripada kamu galau melulu, mendingan kamu melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan supaya nggak melulu berenang di lautan cemburu alias iri .

Single juga bisa bahagia kok. Bahagia karena bebas melakukan aktivitas apa saja.

Berikut referensi kegiatan yang kamu bisa lakukan:

1. Marathon film atau drama favorit

Malam minggu nih, teman-teman pada jalan bareng pasangan.

Lantas kenapa?

Walaupun single, kamu tetap bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan kok. Pergilah berbelanja cemilan, duduk di sofa/kasur kesayangan, lalu putar film yang kamu suka.

“Tapi aku nggak suka nonton film.”

Kamu bisa memutar drama favorit, serial TV menarik atau acara komedi lucu.

Sederhana bukan? Dengan menonton acara kesukaanmu sudah bisa membuat malam yang panjang ini jauh lebih baik. Daripada galau sendiri.

Ingat lho, kalau sudah punya pasangan atau menikah dan berumah tangga, kamu belum tentu bisa melakukan hal seperti ini lagi.

2. Berkarya dengan maksimal

Kalau kamu ada waktu untuk galau sendari menunggu jodoh, mending gunain waktu tersebut untuk sesuatu hal yang bermanfaat.

Salah satu caranya adalah dengan berkarya.

Temen saya selalu bilang demikian “Naomi, belajarlah terus. Baca buku trus menulis dan menulis. Jangan wasting time galau melulu. Galau nggak akan menghasilkan jodoh.”

Pesan yang nyantai tapi menyayat hati bukan? Tetapi itu benar sekali.

Cobalah membuat sesuatu yang kamu suka dan kamu bisa. Misalkan, memotret dengan teknik fotograpi yang baik, membuat cerita dan mengirimkannya ke majalah, atau membuat video dan menggunggahnya ke sosial media.

Membuat hal-hal begitu, bisa mengasah jiwa kreatifmu, dan orang juga bisa menikmati karyamu hingga menjadi berkat. Dan manfaat lainnya, kamu bisa jadi terkenal. Ssst, siapa tahu melalui karya itu ada yang naksir sama kamu.

3. Berbisnis atau kerja sampingan

Selain membuat karya, single membuatmu memiliki banyak waktu untuk lebih produktif. Kalau sebelumnya kamu pernah berencana untuk berbisnis atau kerja sampingan, lakukanlah sekarang.

Bangunlah bisnis yang kamu impikan, atau carilah pekerjaan sampingan yang sesuai dengan minatmu. Hitung-hitung kamu bisa menabung untuk masa depan, dan lebih bagus lagi jika bisnis yang kamu jalankan hari ini, berkembang dikemudian hari.

Yuk, keluarlah dari zona nyaman. Semangat dan kejar mimpimu, tetapi jangan lupa untuk tetap bergantung dan menyerahkan ke Tuhan ya.

Amsal 16:3 : “Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.”

4. Pergi berlibur

Siapa sih, yang nggak ingin pergi ke pantai, atau merasakan keramah-tamahan orang lain di daerah baru? Liburan yuk! Kita pergi menjelajah tempat baru sembari menyegarkan pikiran. Kalau nggak punya teman jalan, kenapa nggak jalan sendiri saja?

Kamu harus mulai melangkahkan kaki kamu untuk mencari pengalaman baru dengan berlibur ke tempat-tempat baru. Selain menyegarkan pikiran, mengistirahatkan tubuh, travelling juga memberi pengaruh baik pada dirimu.  Pikiranmu jadi lebih terbuka, dan wawasanmu akan lebih bertambah. Lebih bagus lagi jika kamu menjalin relasi dengan setiap orang baru saat sedang berlibur. Kamu bisa memperluas pergaulan sekalian melakukan kehendak Allah yaitu menginjili mereka. Tapi tetap berhikmat ya..

Markus 16:15 :”… Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah injil kepada segala mahluk.”

Jadi siapa bilang single itu nggak bahagia dan melulu galau? Segala sesuatu tergantung respon kamu dalam menyikapi sesuatu. Pada intinya tetaplah bersukacita dalam segala hal karena Tuhan mengetahui persis apa yang kamu butuhkan terutama pasangan hidup. Ingat bahwa kesedihan nggak akan menghasilkan apapun.

Filipi 4:4 :”Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!”

Mazmur 37:4 :”… dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.”

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:06:21

pemimpin

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:26

kepemimpinan

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:00

leadership

0 Answer


Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Banner Mitra Week  3


7303

advertise with us