Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Noyanta Lumban Gaol

Contributor
455


Hari-hari ini banyak orang yang menyia-nyiakan masa single nya dengan kesia-siaan. Perjalanan mencari seseorang yang tepat mungkin dapat menyakitkan, tapi tidak harus tanpa sukacita. Aku yakin banyak diantara kita yang sedang melajang ingin menggunakan masa-masa single nya dengan bijak.

Aku belajar bahwa ada beberapa hal yang dapat dilakukan seorang lajang Kristen untuk memperjuangkan sukacita dalam masa-masa ini.

1. Jangan  Menggerutu

Menggerutu tentang keadaan atau status yang masih sendiri tidak akan mengubah apa-apa dalam hidup kita. Itu tidak akan membuat pangeran tampan tiba-tiba muncul atau seorang puteri cantik tiba-tiba datang kehadapan mu. Ditambah, menggerutu dapat membuat hati menjadi semakin pahit dan itu tidak terlihat menarik. Daripada terus meratapi dan menggerutui masa-masa kesendirian, kita dapat membiasakan diri dengan menceritakan kebaikan Tuhan di dalam hidup kita. Kebaikan-Nya dan berkat-Nya yang begitu besar di dalam hidup kita.

 2. Menjaga Hati

Alkitab mengatakan kepada kita untuk menjaga hati kita. Menjaga hati dengan tulus dari keduniawian dan berhala. Meski begitu, itu tidak berarti kita menutup hati kita. Kita dapat bergaul dengan siapa pun dan terbuka terhadap orang yang Tuhan pilihkan untuk kita. Jadi jagalah hati, tapi tidak menutup mata.

3. Melatih Diri Dalam Kesalehan

Masa-masa lajang saat ini membuat kita memiliki lebih banyak waktu luang daripada musim kehidupan lainnya yang mungkin nanti kita temukan. Kita sebaiknya tidak menyia-nyiakan nya. Kita dapat menggunakan masa-masa lajang kita dengan melayani Tuhan di gereja maupun di komunitas, membaca Alkitab, berdoa, mempelajari hal-hal yang baru, mencoba untuk berbisnis, ataupun ikut pelayanan misi. Mungkin ketika menikah kita masih bisa melakukan atau mencoba hal-hal itu, tapi tidak akan sefleksibel sekarang dalam masa lajang.

4. Percayalah Pada Tuhan

Mungkin kita semua sudah sering mendengarkan ini. Tetapi jadikanlah ini sebagai pengingat yang terus terngiang di pikiran kita. Ketika kita mulai takut, biarlah kata-kata ini yang mengingatkan kita setiap hari. Teman, Tuhan tahu persis apa yang sedang Dia lakukan. Keinginan kita untuk mempunyai pasangan tidaklah sesuatu hal yang salah. Tetapi, bukankah Tuhan sudah mengetahui masa depan hidupmu? Bukankah Dia mengerjakan semua hal dalam hidup kita untuk kebaikan kita dan untuk kemuliaan-Nya? Bukankah waktu-Nya selalu sempurna? Percayalah pada pemeliharaan Tuhan dan bahwa rencana-Nya akan terjadi dalam hidup kita.

5. Teruslah Memandang Kepada Tuhan Yesus

Pandanglah kepada Tuhan kita yang cinta sama kita dan sayang banget sama kita (Ibrani 12.2). Ia yang tidak menahan apapun tapi memberikan seluruh hidup-Nya buat kita pasti mengerti kita, mengasihi kita, dan memberikan yang terbaik buat kita. Pandanglah Tuhan Yesus sumber harapan, kebahagiaan, tujuan, dan makna hidup kita. Hanya Dia yang dapat memberikan kita apa yang benar-benar kita inginkan, dan apa yang benar-benar kita butuhkan.

Masa-masa lajang bisa jadi sebuah musim penantian untuk menunggu yang tepat, tapi tidak baik untuk disia-siakan. Mungkin banyak yang single merasa putus asa dan berkecil hati. Tapi teman, tidak harus seperti itu. Ada begitu banyak kegembiraan, kebijaksanaan, pengalaman, dan kenangan yang bisa didapat dalam masa ini. Jadi jangan buang waktu ini, namun gunakan dengan baik untuk hal-hal yang berharga dan bernilai untuk kekekalan nanti.

Mengutip apa yang dikatakan oleh C. T. Studd , “Hanya ada satu kehidupan, dan itu pun akan segera berlalu; tapi, hanya apa yang dilakukan untuk Kristus akan bertahan dan bernilai untuk kekekalan.”

Tulisan ini adalah kontribusi dari visitor Jawaban.com, Anda juga dapat berbagi dan menjadi berkat dengan berbagi kisah inspiratif, kesaksian, renungan, pendapat Anda tentang isu sosial atau berita yang terjadi di lingkungan dan gereja Anda dengan menguploadnya langsung melalui fitur Berani Bercerita di Jawaban.com, info lebih jelas KLIK DISINI.


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:06:21

pemimpin

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:26

kepemimpinan

0 Answer

Sarah Ranee Pillay 21 September 2017 - 00:01:00

leadership

0 Answer


Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Banner Mitra Week  3


7303

advertise with us