Ingin Merdeka dari Utang? Ini Langkah Jitu Bikin Utang Lunas
Sumber: fool.com

Finance / 9 September 2017

Kalangan Sendiri

Ingin Merdeka dari Utang? Ini Langkah Jitu Bikin Utang Lunas

Naomii Simbolon Official Writer
10238

Pernah nggak kamu merasa tersandera dengan hidupmu sendiri?

Rasa ini biasanya akan kamu rasakan ketika kamu memiliki kewajiban harus membayar utang, apalagi hutang yang kamu harus bayar memiliki jumlah yang besar. Itu bisa menjadi hantu yang mendatangimu setiap hari. Misalkan hutang kepada keluarga, pada sahabat dekat, teman kantor dan bahkan bank.

Tenang, kamu nggak sendirian kok. Kamu memiliki solusinya, yaitu bayar.

Nggak satupun cara yang bisa memberimu solusi magis dari permasalahan utang kecuali kamu harus bayar. Lalu, dengan pernghasilan yang ada, bisa bayar utang?

Yuk, ikuti 5 langkah berikut supaya kamu bisa merdeka dari utang.


1. Periksa arus kas

Nah, sudah saatnya kamu memeriksa arus kas kamu, seperti pengeluaran dan pemasukan. Coba kamu lihat, apakah kamu bisa membayar cicilan utangmu dengan kondisi keuangan saat ini? Jika bisa, berapa persen dari penghasilanmu? Apakah persenannya bisa diperbesar atau sebaliknya?

Biasanya perencana keuangan akan menyarankan untuk mematok 30-35% sebagai batas porsi cicilan supaya kamu tetap bisa ‘bernafas’ alias memiliki uang. Tapi dalam beberapa kasus, jika ingin utang kamu cepat beres, kamu perlu membayar harga dengan sebuah pengorbanan yaitu menghemat. Gunakan uang hasil penghematan tersebut untuk cicilan utang lebih banyak.

2. Cek saldo aset

Mungkin diantara kamu ada yang memiliki asset seperti tabungan,deposito dan juga emas. Tapi apakah kamu pernah membandingkan pertumbuhan atau perkembangan aset tersebut dengan utang?

Ada baiknya kita harus melihat perbandingan aset dengan utang kita lalu mengambil keputusan. Perlukah mencairkan aset yang ada untuk membayarkan sebagian atau melunasi utang yang ada?

Tapi saran saya, jangan buru-buru ya!

3. Menambah penghasilan

Semoga dengan penghasilan normal, utangmu bisa terbayar dengan rutin.  Jika kamu membayar utang dengan nilai yang rutin, kamu akan mendapatkan jadwal pelunasan utang dengan jelas.

Tapi jika kamu ingin jadwal pelunasannya lebih cepat, tentu kamu harus membayar cicilan lebih besar. Nah, cicilan lebih besar ini akan mendorong kamu untuk mencari penambahan penghasilan.

Kamu bisa cari pekerjaan sampingan, bisnis sampingan atau juga berdagang kecil-kecilan.

Silahkan di pikirkankan ya!

4. Bicara dengan pemberi utang

Pastikan komunikasimu dengan pemberi utang berjalan lancar. karena dengan cara ini, kamu memiliki kesempatan untuk diskusi jika sewaktu-waktu kamu kewalahan dalam pembayaran utang. Misalkan jika pemberi utang adalah keluarga, kamu harus terus membina hubungan baik dengan mereka, sementara jika pemberi utang adalah pihak bank atau institusi keuangan lainnya, penting untuk terus menunjukkan kemampuanmu membayar.

5. Periksa lifestyle

Terakhir, hal yang terdengar remeh tapi penting yaitu Lifestyle!

Coba periksa lifestyle-mu, apakah kamu boros atau nggak ?

Kalau memang kamu harus menunjukkan gaya supaya pekerjaanmu aman dan terlindungi, banyak kok cara bergaya tanpa harus mengeluarkan kocek yang banyak. Contohnya membeli baju bekas dan dicuci bersih, merawat rambut tanpa harus kesalon, dan lain sebagainya.

Jika kamu biasanya kamu sering makan di restoran, cobalah tahan selera dan mulai memasak dirumah.

Jika kamu berhasil menghemat uang untuk lifestyle, kan lumayan bisa menambah cicilan utang supaya cepat lunas!

Let’s make more money and pay off those debts! Ayuk terus kerja keras dan lunasi utang-utangmu satu persatu. Percaya deh, semakin cepat utangmu beres, semakin ringan langkahmu setiap hari. Nggak pusing lagi justru kamu merdeka dari utang!

Mazmur 37:21: “Orang fasik meminjam dan tidak membayar kembali, tetapi orang benar adalah pengasih dan pemurah.” 

Pengkotbah 5:5, “Lebih baik engkau tidak bernazar dari pada bernazar tetapi tidak menepatinya.”

Sumber : Berbagai sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami