5 Kebiasaan Sepele Yang Bisa Mengancam Kesehatanmu
Sumber: Yhs Ministries

Health / 8 September 2017

Kalangan Sendiri

5 Kebiasaan Sepele Yang Bisa Mengancam Kesehatanmu

Naomii Simbolon Official Writer
2125

Tubuh manusia terbukti bisa menjadi tempat berkembangbiaknya kuman dan parasit penyebab penyakit. Nah supaya kamu terhindar dari penyakit ini, kamu harus mencegahnya dengan menjaga kebersihan tubuh, makanan serta lingkungan sekitarmu.

Selain itu kamu juga bisa mencegahnya dengan menghindari kebiasaan – kebiasaan sepele berikut ini.

1. Tidak menutup mulut saat bersin

Terdengar simple dan biasa banget ya. Tetapi jika kamu nggak menutup mulut saat bersin dan kamu sedang flu, kamu akan menyebarkan virus atau kuman yang kamu derita kepada orang lain.

Jadi kamu harus menutup wajahmu dengan kedua tanganmu saat bersin supaya Virusnya nggak tersebar, dan setelah itu jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan karena jika tidak, kuman yang ada di tangan secara nggak sengaja akan menempel di wajah dan bisa mengakibatkan kulit kemerahan atau konsekuensi lainnya.

2. Sering menggigiti kuku

Kuku terdiri dari lapisan yang bertumpuk. Menggigiti kuku akan merusak strukturnya dan membuat kuku pecah. Hal ini jelas membahayakan kesehatanmu jika tertelan bukan?

Selain itu, dampak buruk lainnya adalah kuku jadi rapuh yang membuatmu rentan terkena infeksi jamur .

Infeksi jamur di kuku kerap membuat kuku terkelupas hingga ke kulit dan terasa perih. Berbahaya kan?

3. Mengupil sembarangan

Mengupil adalah hal yang sangat sering dilakukan oleh banyak orang dan wajar.  Karena mengupil juga sangat baik untuk kebersihan hidung kita.

Hanya jangan melakukannya dengan sengaja tanpa mencuci tangan sebelum atau setelah mengupil ya. Jika tidak tangan kamu yang mengandung kuman akan menyebabkan infeksi dan menyebar ke rongga hidung.

4. Mandi dengan sower gel

Sower gel nggak hanya ditemui di kamar mandi hotel, namun saat ini mungkin diantara kamu sedang menggunakan sabun ini.

Memang sih, mandi dengan sower gel sangat membantu kamu untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan bakteri penyebab penyakit , namun kamu harus tahu bahwa sower gel bisa mengancam kesehatan kulit kamu lho.

Sower gel memiliki bahan kimia yang akan mengikis lapisan kulit kamu, selain itu kulit kamu akan kering dan menyebabkan munculnya eksim.

5. Menggunakan Pasta gigi terlalu banyak

Terlalu banyak mengoleskan pasta gigi di atas sikat gigi nyatanya juga bisa membahayakan kesehatanmu. Sebabnya penggunaan pasta gigi yang terlalu banyak mampu membuat produksi busa berlebih dan malah menyebabkan proses pembersihan jadi tak sempurna.
Jumlah pasta gigi yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah sebesar kacang polong. Sedangkan untuk anak-anak adalah seukuran butiran nasi.

Semua orang tentu menginginkan tubuh yang sehat dan memang harus di bersihkan dengan rutin. Namun kamu harus perhatikan baik-baik cara membersihkannya supaya hasilnya benar-benar maksimal. Jangan anggap ke lima hal itu sepele lho, karena kalau kamu melanggarnya, kesehatan kamu akan terancam.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami