Paus Fransiskus Himbau Pemimpin Agama Korea Selatan Hadapi Konflik Tanpa Kekerasan
Sumber: Latin Times

Internasional / 6 September 2017

Kalangan Sendiri

Paus Fransiskus Himbau Pemimpin Agama Korea Selatan Hadapi Konflik Tanpa Kekerasan

Lori Official Writer
2880

Paus Fransiskus mengajak pemimpin agama Korea Selatan untuk menyebarkan rekonsiliasi dan menolak tindakan kekerasan dalam menghadapi perselisihan yang semakin menegang di semenanjung Peninsula.

Di pertemuan yang digelar di Vatikan pada Sabtu, 2 September 2017 ini, Paus menyampaikan dalam pidatonya agar para pemimpin agama menjalankan perannya sebagai penengah.

“Pemimpin agama…dipanggil untuk memulai, mempromosikan dan mendampingi proses perdamaian dan rekonsiliasi bagi semua orang. Kita dipanggil untuk jadi pembawa damai, memproklamasikan dan mewujudkan cara tanpa kekerasan, cara damai, dengan kata-kata yang benar-benar berbeda dari narasi ketakutan, dan dengan gerak tubuh yang menentang retorika kebencian,” ucap Paus dihadapan 20 pemimpin agama yang hadir.

Adapun perselisihan yang dimaksudkan Paus Fransiskus adalah konflik sengit yang dihadapi Korea Selatan dengan tetangganya Korea Utara. Kedua negara ini memang sudah lama menghadapi berselisih. Apalagi belakangan ini Korea Utara dengan terang mengancam akan menghancurkan Korea Selatan dan sekutu utamanya, Amerika Serikat.

Ancaman ini semakin nyata setelah negara yang dipimpin oleh Kim Jong-un itu menembakkan rudal balistiknya melintasi pulau Hokkaido Jepang sebelum mendarat ke laut.

Menanggapi tindakan negara tetangganya itu, Korea Selatan dan Amerika Serikat sepakat untuk merevisi sebuah perjanjian yang membatasi pengembangan rudal balistik untuk meningkatkan pertahanan.

Dengan ajakan dari Paus ini, diharapkan akan terjadi pemulihan hubungan yang sudah lama terputus di antara kedua negara. 

Sumber : Christiantoday.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami