Nuansa Keberagaman dalam PENABUR International Choir Festival (PICF) 2017
Sumber: Jun Parhusip

Nasional / 5 September 2017

Kalangan Sendiri

Nuansa Keberagaman dalam PENABUR International Choir Festival (PICF) 2017

daniel.tanamal Official Writer
3133


Nuansa keberagaman terlihat dalam penyelenggaraan PENABUR International Choir Festival (PICF) 2017 yang diprakarsai oleh BPK PENABUR Jakarta dan berlangsung selama selama empat hari berturut-turut, 5-9 September 2017. Tidak hanya beragamnya warna latarbelakang peserta, namun juga kompetisi ini diikuti lintas agama.


“PENABUR International Choir Festival 2017 ini kami persembahkan untuk Indonesia tercinta dengan tema keberagaman yaitu berpadu suara, bersatu hati, membangun karakter anak negeri,” demikian kata Ketua BPK PENABUR Jakarta Adri Lazuardi, SM saat press conference, Selasa (5/09/2017) di Aula Sekolah BPK Penabur Internasional, Kelapa Gading, Jakarta Utara.


Kompetisi tingkat Internasional disebut juga Festival Paduan Suara (FESPAS) 2017, diikuti oleh 131 tim paduan suara dengan total 4.923 peserta. Tim paduan suara tersebut berasal dari 16 provinsi di Indonesia yaitu: DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Lampung, Bengkulu, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. PICF  2017 ini adalah yang ketiga kalinya, sejak pergelaran pertama kali diadakan pada tahun 2013.


Dalam gelaran tahun ini, ada dua tim yang berasal dari manca negara yang turut berpartisipasi, yakni berasal dari Malaysia dan Filipina. Tampil sebagai dewan juri Ivan Yohan, Joseph Kristanto dan Roynaldo H. Saragih (Konduktor pemenang PICF 2015) dari Indonesia. Sementara hadir dari mancanegara Albert Tay (Singapura), Dang Chau Anh (Vietnam), Dennis Gregory A Sugarol (Filipina), Jänis Liepiog (Latvia), Mark O Leary (Australia), Paul Smith (UK), dan Susanna Saw (Malaysia).


Kategori yang diselenggarakan dalam PICF 2017, adalah paduan suara untuk Kindergarten, Primary School, Junior High School, Senior High School, sedangkan kategori umum yaitu Mixed Youth Choir, Folklore, Gospel & Spiritual, dan Musica Sacra.


Sumber : Daniel Tanamal - Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami