Gereja Bersejarah, GPIB Immanuel Jakarta, Rayakan Hari Jadi ke-178 Tahun
Sumber: Arthur Teesen

Nasional / 24 August 2017

Kalangan Sendiri

Gereja Bersejarah, GPIB Immanuel Jakarta, Rayakan Hari Jadi ke-178 Tahun

daniel.tanamal Official Writer
3438

Salah satu gereja bersejarah di Indonesia, Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat (GPIB) jemaat Immanuel, Gambir, Jakarta Pusat merayakan hari jadinya yang ke-178 pada Kamis (24/8).

Dalam acara perayaan yang mengambil tema “178 Tahun Immanuel Memberi” tersebut, dilaksanakan ibadah syukur yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Majelis Sinode GPIB, Pendeta Paulus Kariso Rumambi.

Saat memimpin khotbah, Pendeta Paulus mengingatkan pentingnya untuk terus melayani dan juga tidak melupakan gereja sendiri sebagai rumah bersama. “Gereja ibarat rumah sendiri. Ada masalah diperbaiki bersama. Pimpinan gereja juga jangan hanya mempersoalkan soal jemaat. Cari solusi bersama, koreksi diri, melihat diri sendiri dulu apa yang sebenarnya yang salah,” katanya, dihadapan para jemaat yang memenuhi gedung gereja bergaya klasisisme dan bercorak bundar tersebut.

Perayaan ini juga dimeriahkan oleh kesaksian pujian dari Voice Of Soul Choir dan Paduan Suara Jemaat GPIB Immanuel. GPIB Immanuel ini sendiri tercatat sebagai bangunan cagar budaya melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0128/M/1988 tanggal 27 Februari 1988 dan SK Gubernur DKI Jakarta Nomor Cb 11/I/12/1972 tanggal 10 Januari 1972.

Lalu keputusan itu Selain itu diperbarui dengan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 475 Tahun 1993 tanggal 29 Maret 1993 dan berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 yang menetapkan Gereja GPIB Immanuel sebagai bangunan cagar budaya. Bangunan ini masih satu kawasan dengan Gereja Katedral Katolik dan Masjid Istiqlal di lingkungan Istana Negara, yang dapat dikatakan sebagai cermin keberagaman masyarakat Indonesia yang pluralis dan relijius.


Sumber : Daniel Tanamal / Arthur Teesen / Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami