Lewat IMAGO Hack7 Lahirkan Kokata Yang Cintai Kebhinekaan Lewat Cinta Pada Bahasa Daerah
Sumber: Jawaban.Com

Nasional / 24 August 2017

Kalangan Sendiri

Lewat IMAGO Hack7 Lahirkan Kokata Yang Cintai Kebhinekaan Lewat Cinta Pada Bahasa Daerah

Puji Astuti Official Writer
3002

Salah satu rangkaian dari IMAGO adalah IMAGO Hack7, sebuah acara berformat hackathon yang berlangsung pada 7-9 Juli 2017 di Kantor Kejora, Slipi. Dalam acara IMAGO Creative Confrence yang bertajuk "FUTURE READY" pada 24 Agustus 2017 kali ini, salah satu pemenang dari Hack7 mendapatkan kesempatan untuk presentasi, yaitu Kokata, kelompok beranggota lima orang yang membuat aplikasi untuk belajar bahasa daerah dengan cara yang menyenangkan. 

Tagline dari Kokata adalah, "Cintai persamaan, rayakan perbedaan." Hal ini mengacu pada keanekaragaman suku bangsa dan bahasa di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terinspirasi dengan banyaknya masyarakat Indonesia yang bertransmigrasi ke berbagai daerah dan sulit berkomunikasi dengan masyarakat yang lebih suka berbahasa daerah masing-masing, maka lahirlah aplikasi Kokata ini. 

Tapi bagaimana proses pembuatannya? Kali ini Jawaban.com berbincang langsung dengan beberapa tim Kokata yang hadir dalam IMAGO Confrence. Yuk simak keseruan mereka selama IMAGO Hack7.

Apakah kalian datang ke IMAGO Hack7 sudah satu tim?

"Jadi saya datang bertiga, saya, Harry sama Theo," demikian ungkap Nathasia, salah satu anggota tim Kokata. 

"Namun karena kalah saing saat approach dengan yang lain, akhirnya kami dilebur dengan tim Ester dan Richly," tambahnya. 

Dengan dua ide berbeda, setelah melewati proses coaching dan diskusi yang cukup panjang, Hari mengungkapkan bahwa timnya memutuskan untuk membuat aplikasi Kokata tersebut. 

Lalu apa yang menjadi suka duka mereka dalam mengikuti IMAGO Hack 7 lalu?

"Hari Jumat itu pulang jam 1 malam," demikian jelas Harry, "Jam 5 sudah bangun, berangkat jam 6 terus begadang, jadi pengorbanannya difisik sama dipikiran. Trus kalau berargumentasi itu dikurangi, jadi harus nahan ego yang agak susah."

"Kalau sukanya itu ya ketemu temen-temen baru sama mentor-mentor sih," ujar Nathasia. 

"Sukanya nambah wawasan, kalau kita mau bangkitin Indonesia kita harus gabung. Walau kita berbeda-beda, walau pertama kali ketemu di hari itu juga, kita harus samakan visi kita," demikian pendapat Richly.

Apa yang menjadi rencana ke depan dari Kokata?

"Kalau yang paling deketnya sih akan ke pendalaman risetnya sih," demikian jelas Nathasia. 

"Saat ini kita lagi siapin dummy productnya dulu, jadi dulu, oper ke pasar, baru nanti mungkin kita akan cari (funding-red)."

Luar biasa bukan apa yang dilakukan anak-anak muda ini? Kamu juga bisa melakukan hal sama. Kokata pun terbuka untuk melakukan kolaborasi dengan kalian yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi ini. Selain itu, IMAGO juga akan  melakukan event serupa secara berkala di depan nanti. Untuk itu pastikan kamu follow Istagram atau Facebook Imago Planet atau kamu juga bisa kunjungi website www.imagoplanet.com.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami