Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
903


Pelaku serangan teror di Barcelona, Spanyol, pekan lalu, Jumat (18/8), mengaku kalau mereka ternyata merencanakan serangan yang lebih besar. Nggak hanya menabraki para pejalan di kota wisata itu, tapi keempat pelaku yang sudah ditangkap mengakui kalau mereka berencana bakal menyerang katedral ikonik di Barcelona, Sagrada Familia.

Rencana itu harusnya diluncurkan sesaat melakukan aksi mereka dengan menggunakan tiga mobil van yang berisi bahan peledak saat peristiwa penabrakan brutal itu. Rencananya, para pelaku harusnya menabrakan mobil van itu ke katedral Sagrada Familia sesaat menabraki pejalan di sepanjang jalan Catalonia, Barcelona itu.

Nggak tanggung-tanggung, katedral ikonik Barcelona itu rencananya akan diledakkan dengan bahan peledak TATP, yang disebut Mother of Satan karena memiliki daya ledak yang mematikan.

Kenapa pelaku teroris Barcelona menargetkan katedral Sagrada Familia?

Salah satu alasan logis yang menjadikan bangunan kuno jadi target serangan bisa dipastikan karena Sagrada Familia dikenal sebagai ikon wisata Barcelona yang banyak dikunjungi wisatawan. Katedral tua yang berlokasi di pesisir laut Mediterania merupakan salah satu gedung tertinggi di Barcelona. Karena itu, keberadaannya membuat banyak mata mudah tertuju ke arahnya. Tingginya pun mencapai 170 meter.

Katedral Barcelona ini adalah hasil karya dari seorang arsitek bernama Antoni Gaudi. Pembangunannya dimulai pada tahun 1882. Sepanjang pengerjaan inilah Antoni Gaudi berkonsentrasi menyelesaikan rancangan gedung bernuansa gothic ini sampai dia meninggal di tahun 1926. Padahal sepeninggalnya, gedung ini masih baru selesai sekitar 25 persen dari keseluruhan rancangannya. Itu sebabnya proses pengerjaannya masih terus berlangsung sampai saat ini. Karena itulah gedung gereja ini menjadi sebuah pekerjaan konstruksi bangunan dengan pengerjaan terlama sepanjang sejarah, dengan hampir satu abad lamanya.

Selain unik dari segi arsitekturnya, Sagrada Familia juga punya keunikan dari segi bagian interiornya. Terdapat ribuan ornament, patung dan sentuhan-sentuhan lainnya yang dirancang oleh Gaudi di sana. Ada juga ratusan patung beragam corak yang menghiasi disi-sisi dindingnya, termasuk sederet patung yang mengisahkan perjalanan pelayanan Yesus dengan corak tiga dimensi.

Karena kemegahan desain interior dan eksteriornya inilah, UNESCO menetapkan katedral Sagrada Familia sebagai warisan dunia yang perlu dilestarikan (World Heritage Site). Meskipun proses pengerjaannya masih belum selesai 100 persen, tapi pihak pengelola katedral memastikan pengerjaannya akan selesai pada tahun 2026.

Bersyukur ya karena rencana jahat pelaku teroris Barcelona itu akhirnya gagal. Bayangkan saja kalau ternyata katedral megah ini diledakkan, maka sia-sialah semua pengerjaannya yang harus memakan waktu hampir seabad lamanya. 

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bagus Prastio 19 January 2018 - 11:55:57

apakah karyawan wajib mengeluarkan iuran yg di min.. more..

1 Answer

Theresia Prichilia O. Kaurow 18 January 2018 - 22:55:27

Kenapa kok kita harus mengaku dosa kepada manusia?

1 Answer

Fall Rori 17 January 2018 - 19:48:30

Pengertian roh kudus

1 Answer


Seprina R.S.Aritonang 18 January 2018 - 21:47:05
Aku ingin berdoa supaya Tuhan jamah hatiku untuk s... more..

Jayesthu Julianto Basar 18 January 2018 - 20:28:33
Doakan keluarga kami (chairul sekeluarga, yeti se... more..

irene gunawan 18 January 2018 - 01:23:40
Mohon bantuan doanya.. Dulu saya pernah mengalami... more..

Eliseo hizkia 9 January 2018 - 20:09:12
Saya Pribadi sudah merasa begitu lelah menghadapi ... more..

Banner Mitra Week 2


7358

advertise with us