Dibalik Kisruh Kehadiran Pendeta Yang Mengaku Perwakilan PGI di Milad FPI NKRI Bersyariah
Sumber: Okezone News

Nasional / 21 August 2017

Kalangan Sendiri

Dibalik Kisruh Kehadiran Pendeta Yang Mengaku Perwakilan PGI di Milad FPI NKRI Bersyariah

Puji Astuti Official Writer
21147

Siapa yang tak kenal dengan ormas masyarakat Front Pembela Islam dan sepak terjangnya, namun kali ini FPI bikin heboh bukan karena tindakan kekerasan atau intimidasinya, namun dengan mengundang pendeta yang mengaku sebagai perwakilan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia pada acara milad atau ulang tahun yang ke 19 yang bertanjuk "Merawat Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI Bersyariah." Tak ayal hal ini mengundang tanya dikalangan umat Kristen sendiri. 

Siapa pendeta yang mengaku perwakilan PGI ini?

Pria itu adalah Pdt. Shepard Supit, gembala dari Gereja Bethel Indonesia (GBI) Jemaat Gereja Rakyat. Dia mengaku sudah sejak tahun 2004 mengenal Habib Rizieq dan menilai sosok Rizieq sebagai orang yang memiliki hubungan baik dengan umat Kristen. 

"Saya biasa ketemu dan terlebih dalam percakapan kami mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan," demikian pernyataan Supit yang dikutip oleh Tribunnews.com, Sabtu (19/8/2017) lalu. 

Dihadapan para pendukung FPI yang hadir di milad tersebut, Supit menyampaikan, "Banyak peristiwa yang membutuhkan kerukunan kita. Dengan harapan FPI akan maju terus pembawa damai dan suka cita. Tuhan memberkati FPI.” 

PGI Bantah Kirim Utusan Ke Milad FPI

Namun pengakuan  Pdt. Shepard Supit sebagai perwakilan PGI tersebut dibantah oleh Sekretaris Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom. Seperti yang dirilis oleh Majalahgaharu.com, Pdt.Gultom menegaskan bahwa “PGI tidak ada mengirimkan utusan menghadiri milad FPI.”

Bahkan Pdt.Gultom menyatakan PGI tidak ada hubungan baik dengan FPI, bahkan malah sering berseberangan dalam berbagai kasus penegakan HAM dan kebebasan beragama. 

“PGI juga tidak pernah setuju, sebaliknya bahkan mengecam, cara-cara dan praktek FPI dalam memberantas apa yang mereka sebut sebagai nahi munkar,” demikian jelas Pdt.Gomar.

Jadi, Ada Apa Dibalik Kehadiran Pdt.Supit di Milad FPI?

Pertanyaan ini pun muncul oleh pihak PGI juga, Pdt. Gomar berkata:

"Sampai saat ini kami tidak merekomendasikan ada rencana PGI pusat untuk datang dalam acara tersebut. Kami akan menanyakan kehadiran Pdt. M. Supit apa benar dia hadir atas nama MPW PGI DKI Jakarta.” 

Selain Pdt.Supir, pihak PGI juga akan menanyakan masalah ini dengan Ketua dan Sekretaris wilayah PGI DKI Jakarta. Gomar tidak mau PGI dituding mendukung FPI dan juga gerakan intoleransi dan kekerasan yang selama ini dilakukan oleh ormas tersebut. 

Tentunya yang penasaran tentang masalah ini bukan hanya pihak PGI, umat Kristen pun banyak yang bertanya-tanya. Jadi tunggu  hasil penyelidikan selanjutnya dari PGI atau mungkin juga klarifikasi resmi Pdt. M. Supit  atau MPW PGI DKI Jakarta ya...

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami