Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1323


Wajar aja sih kalau atas keberanian seseorang menyelamatkan puluhan orang yang disandera mendapat pujian bak super hero (pahlawan, red). Sama halnya kayak Superman yang dipuji karna keberaniannya menumpas kejahatan. Tapi gimana kalau aksi super hero ini dilakukan secara nyata sama orang biasa yang nggak pernah dikenal?

Bukan cuma sekadar tayangan film aja, aksi berani pria Muslim asal kota Marawi, Filipina ini selamatkan sebanyak 64 warga Kristen yang disandera kelompok teroris Maute mengundang pujian dari publik. Dia bahkan disebut-sebut pahlawan loh karna aksinya itu. Bukannya bangga, tapi pria bernama Norodin Lucman ini malah nggak senang dengan julukan itu. Dia mengaku tindakannya semata-mata dilakukan karena hanya ingin menunaikan ajaran agamanya.

“Aku tidak berniat jadi pahlawan, kebetulan saja aku sedang di rumah di kota Marawi waktu pertempuran pertama kali pecah. Aku tahu ada beberapa orang Kristen yang bekerja di rumah-rumah terdekat sebagai tukang kayu dan pekerja konstruksi dan aku menyuruh orang-orangku untuk membawa mereka ke rumah demi menghindari tembakan silang,” kata Norodin, sebagaimana dikutip dari Christiandaily.com, Rabu (17/8).

Norodin sendiri adalah seorang mantan pemimpin politik di Filipina. Dia menuturkan kalau sejak kelompok teroris Maute mulai melakukan eksekusi kejam kepada orang-orang Kristen di sana, dirinya pun berinisitif untuk menyembunyikan orang-orang itu di dalam rumahnya.

Awalnya, dia mengira kalau kelompok Maute hanya akan tinggal beberapa hari saja di sana. Tapi bentrokan antara pasukan pemerintah dan kelompok teroris Maute terus berlanjut sampai-sampai mereka harus kehabisan persediaan makanan. Mereka lalu memutuskan melarikan diri dari Marawi. Untuk meloloskan diri, dia bahkan harus mengajarkan orang-orang Kristen ini beberapa ayat kutipan kitab suci mereka supaya bisa mengelabui para kelompok teroris. Para wanita diminta mengenakan jilbab di kepala mereka.

Saat berjalan melewati jembatan, seorang anggota Maute mendekati mereka. Untungnya, dia mengenali Norodin dan membiarkan mereka lewat.

Sedang kabar dari Juru Bicara Angkatan Bersenjata Filipina Brigadir. Jenderal Restituto Padilla menyampaikan kalau ada ada beberapa anggota teroris saja yang tinggal di Marawi. Dia menyampaikan sedikitnya hanya 20 sampai 40 orang saja. Pasukan pemerintah Filipina sendiri masih tetap bertahan di sana untuk melepaskan warga sipil yang masih disandera kelompok itu.

Sampai hari ini, daerah Marawi pun masih diberi status darurat sejak pecahnya pertempuran antara kelompok Maute dan pasukan pemerintah pada 23 Mei 2017 silam. 

Sumber : Christiandaily.com/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

opo lesar makatempuge 23 September 2017 - 10:47:34

keberuntungan di tahun 2017

0 Answer

Irvan Dwitanto 23 September 2017 - 06:31:01

Jelaskan langkah-langkah membuat cerita fantasi ba.. more..

0 Answer

Prily Zusena Sebayang 22 September 2017 - 23:12:04

Bagaimana mendengar suara Tuhan

1 Answer


Baginda Bonifasius Hasibuan 23 September 2017 - 02:11:59
Saya mohon kpd saudara² seiman di dalam Tuhan Yes... more..

Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

Banner Mitra Week 4


7306

Line Jawaban