Perayaan HUT RI ke-72 Diisi Lomba Anti-Mainstream Ini Loh!
Sumber: detik.net.id

Nasional / 17 August 2017

Kalangan Sendiri

Perayaan HUT RI ke-72 Diisi Lomba Anti-Mainstream Ini Loh!

Lori Contributor
2933

Merdeka Merdeka! Merdeka! Hari ini kita memekikkan kata-kata ini bersama sebagai bentuk sukacita dalam memperingati kembali hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang sudah genap berusia 72 tahun.

Untuk merayakan momen bersejarah inipun, masyarakat Indonesia nggak ketinggalan menggelar serangkaian lomba bertemakan HUT RI. Lomba-lomba yang digelar tahun ini pun nggak kalah serunya sama lomba tahun lalu. Malah ada aja masyarakat yang mengisi HUT RI ke-72 ini dengan perlombaan yang anti-mainstream banget, seperti:

1. Lomba Baca Naskah Proklamasi di Kemenkumham

Kalau biasanya HUT RI dirayakan dengan lomba-lomba kayak makan kerupuk, masuk karung, panjat pinang dan yang lainnya, maka Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) membuat acara lomba pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan RI. Uniknya, peserta lomba ini terdiri dari pegawai dari perwakilan setiap unit di Kemenkumham.

Mungkin kalau dipikir-pikir ya lomba baca naskah proklamasi tentunya agak langka ya. Tapi tahukah kamu kalau lomba ini dibuat untuk tujuan yang baik loh. Irjen Kemenkumham Aidir Amin Daud pun mengatakan kalau lomba ini bertujuan supaya menyadarkan pegawai untuk selalu menjaga, memelihara dan mengisi kemerdekaan Indonesia itu sendiri.

“Melalui lomba ini semoga kita bisa kembali mengenang masa-masa, detik-detik proklamasi itu. Jadi semangat proklamasi lebih bisa kita hayati dan resapi,” ucap Aidir.

2. Lomba Goyang Aster di Papua

Goyang aster adalah salah satu lomba yang turut meramaikan perayaan HUT RI ke-72 di provinsi Papua. Lomba ini bahkan ramai diikuti oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan masyarakat umum dan sanggar-sanggar senam di Jayapura.

Selain lomba goyang aster, perayaan kemerdekaan Indonesia di Papua juga diwarnai dengan lomba poco-poco dan dayung tradisional.

Lewat lomba ini, pemerintah setempat berharap terjalinlah persaudaraan yang makin erat dan kuat antar warga. Dan tak kalah pentingnya lomba yang melibatkan kebersamaan masyarakat ini diharap bisa meningkatkan patriotisme dan rasa cinta tanah air.

3. Lomba Tarik Mobil di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Lomba tarik tambang memang sudah cukup mainstream. Alasan inilah yang mungkin jadi ide warga Desa Masaran Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara untuk mengadakan lomba tarik mobil.

Lomba ini pun diadakan di jalan umum desa setempat. Uniknya, lomba tarik mobil ini dibagi-bagi lagi jadi dua kelompok yaitu kaum ibu-ibu dan anak-anak untuk lomba tarik mobil pick up dan bapak-bapak untuk lomba tarik truk.

Lomba semacam ini memang belum pernah ada. Tapi hal itu nggak mengurangi keinginan warga untuk ikut terlibat didalamnya. Hal inilah menunjukkan betapa besarnya minat dan semangat masyarakat dalam menyambut peringatan HUT RI ke-72 ini.

Kita pun berharap semangat dan antusias yang sama juga terjadi di berbagai belahan kota dan provinsi di Indonesia ya. Apalagi, lembaga Kristen atau gereja sekalipun harusnya juga ikut ambil bagian untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan ini bersama-sama, baik merayakannya di gereja sendiri atau di komunitasnya masing-masing.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami