Beda Bukan Berarti Nggak Bisa Akur! Cara Ini Bisa Suami/Istri Lakuin Tuk Satukan Perbedaan

Marriage / 16 August 2017

Kalangan Sendiri

Beda Bukan Berarti Nggak Bisa Akur! Cara Ini Bisa Suami/Istri Lakuin Tuk Satukan Perbedaan

Lori Official Writer
4359

Perbedaan bukan sesuatu yang bisa dihindari dalam pernikahan. Ada banyak dari kita yang percaya kalau mencari pasangan hidup ya harusnya yang punya kesamaan sama kita. Ya pasangan harusnya sama-sama punya hobi yang sama, sama-sama punya visi yang sama, atau ya sama-sama punya karakter yang sama. Siapa bilang?

Pandangan-pandangan keliru inilah yang harus kita perjelas dalam artikel ini. Siapa bilang kalau pasangan yang punya banyak perbedaan itu nggak bisa akur? Faktor utamanya bukan seberapa berbedanya suami istri (dalam beberapa aspek). Tapi yang penting adalah bagaimana caranya kalian bisa menangani perbedaan itu. Ada banyak faktor yang mungkin bikin suami beda dengan sang istri, misalnya dari segi karakter, cara pandang/pola pikir, latar belakang keluarga dan kebiasaan. Tapi apakah perbedaan ini harus jadi penyebab konflik? Alih-alih mempermasalahkannya, mendingan menerima dan merayakan perbedaan yang ada. Karna, gimanapun berbeda itu adalah hal yang wajar dalam kehidupan. Beda itu nggak cuma ada dalam pernikahan, tapi beda juga muncul di kehidupan sosial kita.

Apa yang harus pasangan suami istri lakukan buat bisa menjadikan perbedaan itu sebagai hal yang wajar?

Pertama, bicarakan soal perbedaan ini secara terbuka.

Pilihlah waktu dan tempat yang tepat untuk membahas hal itu. Hindari kata-kata kritikan kepada pasangan. Sebaliknya, sampaikan dengan bahasa yang baik dan halus soal hal apa saja yang terasa bertentangan denganmu. Coba usulkan solusi yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi perbedaan itu. Misalnya, suami suka sembrono saat memakai sebuah barang. Istri bisa menyampaikan ketidaksukaannya soal karakter sang suami dengan cara menyampaikannya secara langsung. Demikian sebaliknya kalau istri juga punya kebiasaan yang nggak sesuai dengan yang diharapkan suami.

Kedua, cari kesamaan bersama.

Walaupun mungkin ada beberapa hal yang berbeda, tapi pasangan suami istri tentu juga punya beberapa faktor kesamaan. Sebagaimana kamu menerima persamaan di antara kalian, begitu juga harusnya kamu menerima perbedaan di antara kalian.

Ketiga, kedepankan kerendahan hati dan rela berkorban

Salah satu tujuan pernikahan adalah untuk melakukan kehendak Tuhan melalui keluarga. Untuk mencapai tujuan ini, dibutuhkan kerendahan diri dan sikap rela berkorban dari suami istri. Dalam artian, nggak cuma suami saja yang mengalah kepada istri, atau nggak cuma istri saja yang mengalah. Melainkan, keduanya harus saling merendahkan diri dan berkorban satu sama lain. Sikap inilah yang dibutuhkan untuk menyatukan perbedaan yang ada di antara suami san istri.

Menerima kelemahan atau kekurangan pasangan dan memberi tahu kelebihan masing-masing adalah cara terbaik untuk menciptakan pernikahan yang langgeng dan bahagia. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami