Nggak Cuma Karena Anak Sukses, Nih 4 Poin Orangtua Dikatakan Sukses dan Berhasil Bagi Anak
Sumber: gayapopuler.com

Parenting / 5 July 2017

Kalangan Sendiri

Nggak Cuma Karena Anak Sukses, Nih 4 Poin Orangtua Dikatakan Sukses dan Berhasil Bagi Anak

Naomii Simbolon Official Writer
5648

Orangtua adalah dua komponen yang terdiri dari ayah dan ibu. Orangtua juga bisa diartikan sebagai orang yang melahirkan kita.

Dalam struktur keluarga, orangtua memiliki fungsi yang sangat penting dan berpengaruh besar terhadap seisi rumah, seperti mendidik dan merawat sang anak sampai usia dewasa.

Jadi orangtua emang nggak gampang! Kadang sebagai manusia kita merasa menyerah saat merawat anak. Apalagi kalau anak kita sedang di masa-masa pubertas yang hobinya mencoba segala sesuatu dan sering melawan, hingga akhirnya berselisih paham dengan kita.

Ada satu pertanyaan yang bisa kita renungkan, begini ‘Kok Tuhan sanggup merawat kita anak-anakNya yang super banyak? Sedangkan 2 atau 3 anak yang menjadi bagian kita, nggak sanggup ngadepin?”

Kalau ngobrolin bandel dan melawan, kelihatannya kita malah melebihi dari anak-anak kita. Pertanyaannya adalah saat kita melawan dan memberontak Allah, adakah Allah menyerah dan membiarkan kita jalan gitu aja? Nggak sih ya,  at least  Tuhan malah mengajak kita kembali dengan caraNya yang manis untuk merenung dan bersikap dewasa. Tuhan telah berhasil sebagai Bapa.

Lalu bagaimana dengan kita sebagai orangtua? Apa saja sih keberhasilan yang harus kita miliki sebagai orangtua?

Baik berikut kita akan bagikan mengapa orangtua disebut berhasil dalam keluarga.

1            Mampu menjadi contoh bagi anak-anaknya

Kelihatannya ini salah satu hal yang sering terhilang dari sosok kita sebagai orangtua. Anak-anak akan terhilang juga jika orangtua tidak bisa menjadi role model yang baik.

Contoh: punya ayah yang pemabuk, perokok, atau si ibu yang boros dan suka ngegosip.

Anak-anak yang belum dewasa cenderung akan mengikuti sifat buruk kita dan akan melawan kalau dilarang.

Hmm   so  jangan salahkan anakmu yang perokok jika kamu belum siap jadi contoh yang baik bagi mereka ya  mom  dan  dad

2            Mampu menguburkan ego saat sedang menghadapi anak

Dalam status kita sebagai orangtua, sering sekali kita berada di puncak keegoisan dimana  ? ?mama atau papa selalu benar dan anak harus dengerin”.  Hal ini ada benarnya namun bukan berarti selalu benar.

Dalam status kita sebagai orangtua, kita perlu sesekali merendahkan hati dan menjauh dari status bahwa kita adalah orangtua dan selalu di hargai.

Sesekali nggak ada salahnya jika kita menghargai anak kita dan mendengarkan pendapat mereka serta merenungkannya. Mendidik anak dengan cara ego dan keras sangat cenderung membuat anak menjadi keras kepala atau tidak percaya diri.

3            Mampu mengatur waktu untuk anak

Kedengarannya sepele, tapi ini salah satu hal terpenting dan selalu ditunggu-tunggu sang anak. Saat anak mulai bertumbuh besar, sering sekali kita sebagai orangtua menitipkan sang anak ke berbagai kegiatan belajar, olahraga dan lain-lain dengan maksud supaya anak nggak ketinggalan dan ini demi mimpinya. Lalu saat malam tiba, sang anak sudah tidur dan tidak sedikitpun ada waktu untuk kalian ngobrol. Dan saat anak sering bermain gadget dan lebih mentingin teman, kita menjadi uring-uringan dan marah. Jangan pernah salahkan anak, karena inilah salah satu buah yang benihnya berasal dari cara orangtua mendidik anak.

4            Bisa menjadi teman/sahabat

Nggaklah dia udah gede. Dia udah punya teman-teman banyak dan pasti sudah bisa berfikir dewasa sendiri.  Dia ngga butuh aku dalam hal-hal begituan.

Ehh . siapa bilang? Justru disinilah orang tua harus berdiri, masa-masa ini adalah masa dimana anak sangat labil dan mereka sangat butuh masukan dari kita sebagai orangtua.

Kalau orang tua tidak berhasil di dalam ini, jangan pernah  nge-judgedulu jika nilai anak merosot karena putus cinta.

Dalam hal ini kita kehilangan peranan sebagai orangtua, dimana kita tidak bisa menjaga dengan baik.

Bayangkan saja jika kita sebagai manusia tidak pernah berdoa dan berbicara dengan Allah sebagai sahabat atau teman, tentu kita akan bingung dan akan berjalan menerka-nerka dengan hasil yang berantakan. Kamu menghendakinya?

Orangtua yang berhasil adalah orangtua yang bisa menjadi sahabat dan teman bagi sang anak. Sehingga pertumbuhannya tetap dibawah pantauan yang baik dan sehat.

 

Hal ini adalah beberapa contoh keberhasilan cara mendidik yang bisa menjadi contoh buat para orangtua di luar sana.

Pertumbuhan sang anak di mulai dari rumah, dan peranan orangtua didalam rumah sangat berpengaruh besar bagi pertumbuhan sang anak.

Bagaimana orangtua? Apa kamu siap untuk menjadi berhasil sebagai orangtua??

 

Sumber : jawaban,com
Halaman :
1

Ikuti Kami