Kenapa Umat Beragama Harus Saling Menghargai? Ini yang Firman Tuhan Bilang Soal Itu…
Sumber: WordPress.com

Kata Alkitab / 14 August 2017

Kalangan Sendiri

Kenapa Umat Beragama Harus Saling Menghargai? Ini yang Firman Tuhan Bilang Soal Itu…

Lori Official Writer
28768

Belakangan ini, bangsa kita digempur dengan isu SARA dalam bentuk-bentuk tindakan diskriminasi dan intoleransi. Padahal, kalau dipikir-pikir Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal kental sama toleransinya. Nggak cuma di Indonesia sih, tapi kasus-kasus diskriminasi yang sama juga kejadian di negara-negara lain kayak India, Suriah, Irak, Mesir dan sebagainya.

Padahal kalau kita kulik lebih dalam lagi ya tentang pandangan setiap agama soal perbedaan, nggak satupun dari agama yang ada ngajarin kita soal ngebenci atau ngejahatin agama lain. Yang ada Tuhan malah ngajarin kita untuk saling menghormati.

Trus kenapa ya kira-kira Tuhan mau kita saling menghargai? Ya, karena Dia pada dasarnya menciptakan semua orang berbeda baik secara fisik dan pemikiran. Kalau kita refleksikan ke bangsa kita dari sudut pandangku sendiri ya ibarat begini: Tuhan ngijinin Indonesia merdeka sebagai suatu bangsa yang kalau dibandingin sama bangsa-bangsa lain, mungkin kita adalah negara yang paling beruntung ya. Kita punya alam yang kaya, punya pulau yang banyak, punya suku beragam dan juga punya agama resmi yang juga bermacam. Dengan semua kekayaan ini, apa kita harus komplain ke Tuhan? Bilang ‘Kenapa Tuhan negara ini harus beragam sih? Kenapa kami nggak satu suku aja dan nggak satu agama aja?’ Kalau kamu benar-benar tanya hal ini sama Tuhan, jangan nyessel kalau Tuhan cuma ngejawab, “Dasar nggak tahu terima kasih!’ sambil pasang muka kessel.

Banyak dari kita yang punya pola pikir yang salah soal perbedaan, khususnya agama/keyakinan. Kita ngotot kalau agama kita yang paling benar. Kita ngotot kalau negara kita harus dibangun dengan satu landasan keyakinan dan itu benar-benar menyesatkan.

Perlu kita tahu bersama, kalau Indonesia itu punya 6 agama resmi. Sudah jadi tugas kita dong buat saling menghormati, menghargai dan yang paling utama mengasihi mereka yang beda agama sama kita.

Kenapa kita harus ngelakuin itu? Kenapa kita harus menghormati agama dan kepercayaan orang lain? Karna kalau kita nggak mau menghargai dan menghormati keyakinan atau agama orang lain maka yang terjadi adalah:

- Perselisihan antar agama/keyakinan

- Konflik antar agama/keyakinan

- Perpecahan antar agama

Menghormati itu nggak perlu ribet dan repot kog. Kita bisa menunjukkannya semisal sesederhana menghargai sewaktu orang berbeda agama menunaikan ibadahnya atau berpartisipasi mendukung teman berbeda agama waktu mengadakan kegiatan keagamaan. Atau hal yang paling real itu bisa dengan cara nggak ngebeda-bedain teman hanya karna agama yang beda.

Nah, buat kita orang-orang Kristen, ayat-ayat firman Tuhan ini perlu kita tahu supaya kita makin paham soal kenapa Tuhan senang kita bisa saling menghormati dan menghargai:

1. Matius 7: 12

"Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

2. Roma 12: 10

Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.

3. Filipi 2: 3

…. dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;

4. Titus 2: 7

… dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu

5. Yohanes 13: 34-35

Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi."

Ayat terakhir ini adalah ayat penutup yang paling utama dari yang bakal kita terima kalau kita merendahkan diri untuk mau menghormati, menghargai dan mengasihi orang-orang yang berbeda secara keyakinan/agama dari kita. Kalau selama ini kamu nggak tahu alasan kenapa sebagai saudara sebangsa kita harus saling menghormati, harusnya alasan yang terutama dari itu adalah karena Tuhan sendirilah yang memerintahkan kita untuk melakukannya.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami