Tersenyumlah Karena Kamu Diciptakan Tuhan dengan Sangat Indah dan Sebuah Tujuan
Kalangan Sendiri

Tersenyumlah Karena Kamu Diciptakan Tuhan dengan Sangat Indah dan Sebuah Tujuan

Budhi Marpaung Official Writer
      6062
Efesus 2:10

“Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

Bacaan Alkitab Setahun: [kitab]mazmu43[/kitab]; [kitab]iitim1[/kitab]; [kitab]yesay39-40[/kitab]

Pada pertemuan keluarga dan teman-teman, salah satu "Bibi saya" menyuarakan pengamatannya terhadap penampilan saya saat ini. “Lihatlah Dorcas. Dia cantik sekarang. Bayangkan!” Dengan kata lain, Siapa yang menyangka?

Pada kesempatan yang berbeda, saya bertemu kembali dengan salah satu teman terbaik ibu saya. Setelah pelukan penuh perhatian, dia menarik kembali, menggeleng heran dan tersipu, “Oh Dorcas. Bebek jelek itu menjadi angsa!”

Seperti kebanyakan gadis muda, saya selalu ingin dianggap cantik. Namun di sebagian masa kecil, saya merasa jelek. Citra diri saya yang buruk berasal dari persepsi budaya negara asuh orang tua saya tentang kecantikan. Dan itu tidak terlihat di diri saya. Sebagai hasil dari ketidakpuasan, saya kerap berjalan berkeliling dengan wajah cemberut.

Pandangan saya berubah saat memasuki usia remaja. Dengan cinta dan dorongan keluarga serta teman dekat, Bapa Surgawi saya ‘Yahweh’, rasa sakit dari hati saya dipulihkan dan mengungkapkan karunia yang telah Dia pilih untuk saya. Ketika saya memeluk tujuan-Nya untuk hidup saya, Roh-Nya mengubah saya dari dalam ke luar.

Amsal 15:13 berkata, “Hati yang gembira membuat muka berseri-seri, tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.”

Saat kami reunian, para wanita terhormat itu tidak melihat ratu kecantikan. Jauh dari itu. Mereka melihat saya yang baru - seorang wanita muda yang tumbuh dari seorang gadis kecil yang tidak percaya diri menjadi putri Raja segala raja yang penuh percaya diri. Yahweh memenuhi hati saya dengan sukacita yang mengubah penampilan luar saya dan membuat batiniah saya bersinar dengan keindahan Roh Kudus.

Dalam cerita Hans Christian Anderson, hewan-hewan lain mengejek dan melecehkan "bebek jelek" karena dia tidak melihat seperti hewan-hewan lain tersebut lihat. Namun, dia bahkan bukan anak bebek. Dia sebenarnya adalah seorang angsa muda yang akhirnya tumbuh menjadi apa yang selalu dia inginkan - angsa yang indah.

Terlalu sering kita membiarkan opini orang lain memengaruhi persepsi kita tentang diri kita dan membentuk kita menjadi seperti yang seharusnya mereka pikirkan. Kita membiarkan semangat kita hancur saat kita tidak memenuhi harapan mereka. Namun, bukan apa yang dipikirkan orang lain yang menjadi persoalannya.

Rasul Paulus dalam Roma 8:19 mengatakan: “Sebab dengan sangat rindu seluruh makhluk menantikan saat anak-anak Allah dinyatakan.”

Masing-masing dari kita dibuat untuk suatu tujuan dan hanya Tuan Perancang yang tahu apa itu. Kita mungkin benar-benar "bebek" atau mungkin juga "angsa." Satu hal yang pasti - ketika kita membiarkan Yahweh mewujudkan transformasi itu di dalam jalan-Nya dan pada waktu-Nya, kita akan menjadi karya agung-Nya.

Yahweh Yang terkasih, kecantikan sejati berasal dari-Mu dan kesucian-Mu. Teruslah ubah saya sehingga kata-kata dan tindakan saya membuat keindahan-Mu bersinar melalui hidup saya.

 

Catatan Penulis: * Yahweh adalah nama Ibrani Allah Bapa.

Hak Cipta © 2017 Dorcas Zuniga. Digunakan dengan izin.


Angkatlah Wajahmu dan Bersukacita Karena Tuhan Ciptakan Kamu Dengan Sempurna dan Pasti Dengan Sebuah Tujuan.

Ikuti Kami