Inilah 20 Hal Penting yang Harus Diingat Saat Lagi Konflik. Nomor 19 Wajib Dilakukan (2/2)
Sumber: etmed.wordpress.com

Marriage / 11 August 2017

Kalangan Sendiri

Inilah 20 Hal Penting yang Harus Diingat Saat Lagi Konflik. Nomor 19 Wajib Dilakukan (2/2)

Budhi Marpaung Official Writer
2481

Perceraian sekali lagi bukanlah solusi atas konflik yang terjadi di dalam rumah tangga. Bahkan ekstrimnya, tidak ada lampu hijau untuk menggunakan ini sebagai jalan keluar. Stres sangat mungkin terjadi dalam situasi pelik seperti ini. Namun, bukan berarti kamu harus selalu menjadi pihak yang mengalah.

Sesungguhnya dalam menghadapi konflik dengan pasangan, ada seni yang bisa kamu praktikkan sehari-hari. Pada artikel sebelumnya, kita telah sama-sama mengetahui 13 hal yang harus diingat saat berada di situasi yang panas (Baca: Inilah 20 Hal Penting yang Harus Diingat Saat Lagi Konflik. Nomor 4 Jangan Dilanggar (1/2)). Berikut adalah 7 hal penting lainnya:   

14. Teruslah berbicara dan bekerja sampai kamu menemukan tempat dengan resolusi dan kedamaian sejati.

Jika kamu terus mengalami konflik yang sama berulang-ulang, kemungkinan besar, kamu bertarung mengenai sesuatu yang melambangkan masalah yang lebih dalam.

15. Jangan menimbun.

Bawa satu masalah dalam satu waktu dan kembalilah dalam keadaan nol.

16. Perhatikan perbedaan kepribadian.

Orang ekstrovert mungkin perlu berhenti berbicara dan introvert mungkin perlu memulai.

17. Pelajari seni mengabaikan dan hindari disfungsi dari penyangkalan.

Ada kalanya kita hanya perlu menyampaikan anugerah dan memilih untuk membiarkan beberapa hal. Ini tidak sama dengan menolak isu yang ada.

18. Asumsikan yang terbaik bagi satu sama lain.

Untuk beberapa alasan, ketika kita berada di tengah perdebatan sengit, terlalu mudah untuk menganggap salah motivasi pasangan kita. Kecuali ada bukti yang tidak salah lagi, pasanganmu adalah berada di timmu.

19. Maafkan sepenuhnya.

Lakukan setiap waktu. Tidak masalah seberapa sulitnya.

20. Jika kamu tidak tahu harus berkata atau melakukan di tengah perkelahian, beritahu pasanganmu bahwa kamu mencintai mereka dan tidak akan pergi ke mana-mana.

Hal ini mungkin saja tidak akan menyelesaikan konflikmu, tetapi sesungguhnya ini akan membantu pasanganmu merasa lebih aman.

 

Situasi konflik adalah situasi yang tidak menyenangkan. Namun, respon kita akan mempengaruhi lama sebentarnya konflik terjadi. Jika respon kita tepat maka itu akan segera selesai, tetapi bila respon kita keliru maka pasti itu bakal berkepanjangan dan pada akhirnya menghancurkan hubungan yang sudah diberkati Tuhan. 

Sumber : relevantmagazine.com
Halaman :
1

Ikuti Kami