Kamu yang Baru Merantau dan Sendirian, 5 Cara Praktis Ini Bikin Kamu Gampang Punya Teman Baru
Sumber: Education ONE

Single / 8 August 2017

Kalangan Sendiri

Kamu yang Baru Merantau dan Sendirian, 5 Cara Praktis Ini Bikin Kamu Gampang Punya Teman Baru

Lori Contributor
3426

Aku masih ingat empat tahun lalu, waktu pertama kali bergabung di Jawaban.com yang berlokasi di sebuah kota kecil. Nggak ada seorang pun yang aku kenal di sini. Awalnya aku bahkan merasa sangat kesepian dan sendiri. Aku merasa begitu asing. Ada banyak orang di sekitarku, tapi mereka bukan teman-teman yang sama saat aku ada di kota asalku.

Padahal sebelum ke sini, aku sudah mulai berimajinasi soal teman-teman baru yang bakal aku jumpai. Pasti mereka itu lucu dan asyik. Nyatanya sih orang-orang baru di sini cukup menyenangkan dan lucu. Tapi aku masih tetap bingung gimana cara untuk membangun komunitas baru lagi dan punya banyak teman.

Setiap kita percaya tentunya kalau Tuhan mengijinkan kita berada di suatu tempat, dimanapun itu. Karena itulah, waktu aku ada di suatu tempat yang asing ini kala itu. Aku tahu kalau aku ada di tempat yang Tuhan mau. Itulah kenapa aku mengamini Yeremia 29: 5-7 dimana Tuhan memerintahkan kita untuk berdoa bagi kesejahteraan kota dimana kita ditempatkan. Tuhan meminta kita untuk berinvestasi di tempat baru kita.

Menurut pengalamanku sendiri, cara terbaik untuk berdampak di tempat barumu adalah dengan membangun hubungan dan persahabatan.  Kita perlu menyadari kalau tempat kamu saat ini bukan cuma sekadar rumah atau tempat kuliah, bekerja atau tinggal. Lebih dari itu, Tuhan mau kita melakukan sesuatu yang besar di sana.

Jadi, buat kamu yang baru pindahan ke tempat baru dan merasa kesepian karena belum punya teman, 6 cara ini bisa kamu lakukan supaya bisa cepat dapat teman.

1. Lebih banyak muncul di depan rumah atau di kantor

Cara ini sangat sefektif kamu lakukan untuk bisa membangun hubungan dengan orang-orang di sekitarmu. Kamu bisa saja mulai lebih ramah, menunjukkan diri dan berani memulai komunikasi lebih dulu dengan orang-orang. Saat kamu di tempat kerja, bergabunglah untuk makan siang dengan rekan kerja lain. Saat kamu ada di rumah atau tempat kosan, mulailah menyapa tetangga dekatmu dengan sapaan perkenalan yang ramah.

2. Mau ikut di pertemuan-pertemuan atau perkumpulan baru

Membangun komunitas baru di tempat yang baru memang butuh adaptasi. Karena itu kamu cukup perlu mulai berani masuk dan bergabung ke sebuah komunitas yang sesuai dengan kamu. Misalnya, masuk ke komunitas anak rantau, pelayanan pemuda di gereja terdekat atau ikut dalam komunitas sosial yang ada di sana.

3. Kenali orang-orang di sekitarmu dari media sosial

Dengan tersedianya media sosial yang mudah kita akses membantu kita untuk mengenali kepribadian seseorang. Kalau kamu adalah seorang karyawan baru di tempat kerja barumu, kamu bisa saja memakai media sosial untuk stalking soal iorang-orang yang akan kamu jumpai. Mungkin bisa lewat Instagram, Twitter, atau Facebooknya.

Nggak cuma menguntit saja, kamu juga perlu mengomentari atau bahkan mengikuti mereka di media sosial. Kamu bisa menyukai postingan-postingan mereka atau membubuhkan komentar di sana.

4. Mengundang teman-teman di sekitarmu untuk jalan bareng atau ngobrol lebih dalam

Percakapan yang lebih dalam dan bermakna adalah cara terbaik untuk bisa semakin dekat dengan orang baru. Tapi terkadang kita perlu usaha ekstra untuk membangun hubungan ini, salah satunya adalah dengan membuat waktu tambahan bisa lebih dekat dengan mereka. Misalnya, mengajak teman baru makan malam, jalan bareng ke mall atau sekadar nongkrong di coffee shop.

5. Jadilah pendengar yang baik

Semua teman-temanku yang mudah bergaul dan punya komunitas pertemanan yang luas punya satu kesamaan. Mereka sama-sama adalah seorang pendengar yang baik. Kadang mereka memang menyelipkan pertanyaan sederhana yang membuat orang lain lebih dekat. Kayak, ‘Gimana kabarmu hari ini?’ Dari pertanyaan ini, komunikasi pun mulai terbangun dan semakin mendalam.

Bercermin dari pengalamanku di masa lalu, aku bahkan sampai sekarang tetap mencoba untuk jadi teman buat semua orang. Waktu ada tetangga baru atau rekan kerja baru, aku pun mencoba untuk menyapa lebih dulu. Karena aku tahu gimana perasaan orang-orang baru itu saat pertama kali ada di tempat baru yang masih asing dengan mereka. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami