Kamu yang Cuek Sama Orang Lain Patut Baca Surat Wanita 90 Tahun Ini, Dijamin Bikin Sedih!
Sumber: kobieta.gazeta.pl

Kata Alkitab / 5 August 2017

Kalangan Sendiri

Kamu yang Cuek Sama Orang Lain Patut Baca Surat Wanita 90 Tahun Ini, Dijamin Bikin Sedih!

Lori Official Writer
5149

Membangun jalinan pertemanan dengan orang lain bisa jadi hal yang paling sulit kita lakukan, terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia. Belum lagi kecenderungan dari kita yang abai dengan orang-orang tua ini. Mereka biasanya tinggal sendirian tanpa keluarga dan anak dan membuat mereka harus terisolasi dari lingkungan sekitarnya karena usia. Tanpa adanya komunikasi dengan orang lain membuat mereka benar-benar kesepian.

Marleen Brooks, seorang wanita asal California menceritakan pengalamannya saat seseorang mengirim sepucuk surat ke rumahnya. Ternyata surat itu ditulis oleh tetangga wanitanya yang sudah berusia 90 tahun dan mereka sama sekali belum pernah saling menyapa.

Dalam suratnya, wanita tua itu menyampaikan bahwa dia benar-benar kesepian. Dia pun bertanya kepada Marleen apakah mereka bisa jadi teman.

Demikian dituliskannya:

“Apakah kamu mau jadi temanku. Aku berusia 90 tahun, hidup sendiri. Semua temanku sudah meninggal dunia. Aku sangat ketakutan. Tolonglah aku berdoa untuk seseorang.”

Lalu Marleen pun akhirnya mengirim surat itu kepada pembawa berita lokal, Frank Somerwille dari KTVU, dengan membagikan potongan gambar surat itu di halaman Facebook-nya. “Saat pulang aku menemukan surat ini dari seorang wanita yang tinggal di sekitar rumahku. Hatiku sedih, tapi di sisi lain aku melihatnya seperti aku akan mendapatkan teman baru,” tulisnya dalam keterangan postingannya.

Tanpa berpikir lama, Marleen pun segera mendatangi wanita tua itu ke rumahnya. Namanya Wanda. Saat tiba di pintu rumahnya, Wanda sedang memegang kue kap. Dengan ekspresi senang, dia pun menyambut Marleen.

“Aku berharap kamu tidak menganggap aku bodoh karena menulisimu, tapi aku harus melakukan sesuatu. Terima kasih banyak sudah datang, aku sudah tinggal di sini selama 50 tahun dan tidak mengenal satupun dari tetanggaku,” ucap Wanda.

Wanda memiliki tiga anak laki-laki dan satu diantaranya meninggal dunia karena kanker tahun lalu. Dua lainnya tinggal di kota lain dan jarang bertemu. Wanda memakai oksigen dan sedang menderita sakit jantung kongestif dan osteoporosis.

 

Bahan Renungan

Ada banyak orang di dunia ini yang mungkin mengalami kesepian yang sama seperti wanita 90 tahun ini. Kesepian dan dihantui ketakutan. Tak seorang pun yang seakan peduli dan bisa diajak hanya sekadar berbincang. Itu sebabnya, memiliki seseorang di sekitar kita sangat membantu untuk membangun kita, tidak hanya mampu membuat kita menjadi lebih sehat tapi juga bisa memberi dampak bagi hidup kita.

Sebagai manusia kita diciptakan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Kita tidak bisa hidup tanpa orang lain. Terutama bagi kita orang-orang percaya yang tahu kalau Tuhan adalah sahabat terbaik kita. Ya, benar. Tapi selain menjadikan-Nya sahabat, kita juga perlu membangun hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Menjalin hubungan dengan orang lain menjadi cara kita untuk menyebarkan kasih Tuhan kepada banyak orang.

Jadi, jika saat ini kamu bertemu dengan orang-orang yang kesepian dan tampak tak punya teman dekat, datangnya mengetuk pintu rumahnya dan ulurkan tanganmu untuknya. Jadilah sahabat bagi mereka sama seperti bagaimana Yesus telah menjadi sahabat bagi orang-orang yang hancur hati dan kesepian.

Sumber : Womansday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami