Lori

Official Writer
7627


Orang tua yang punya anak perempuan pasti punya kekhawatiran tersendiri terkait masa depannya. Salah satunya adalah ketika mereka akan mulai tumbuh dewasa dan menghadapi beragam tantangan di luar sana mulai dari perlakuan tidak adil dari orang-orang sekitar, pergaulan yang salah dan terkontaminasi oleh pola pikir negatif dari masyarakat sekitar. Meskipun begitu, tak usah khawatir. Gadis kecilmu masih tetap bisa tumbuh jadi gadis yang percaya diri, baik hati dan berprestasi kog!

Karena itu setiap orangtua disarankan untuk mendidik anak perempuannya dengan 6 hal penting ini:

1. Berpendidikan jauh lebih penting daripada berparas cantik

Saat ini dunia menawarkan pandangan baru tentang menjadi perempuan, bahwa penampilan mereka adalah atribut yang paling berharga. Jangan pernah membiarkan anak gadismu mempercayai pandangan tersebut. Tapi ajarkan dia bahwa menjadi pribadi yang berpendidikan atau berwawasan luas jauh lebih penting daripada hanya sekadar punya kecantikan fisik yang bisa dipermak.

Alih-alih menuntut dia untuk mengikuti standar dunia, ajarkanlah dia untuk terus mengasah pengetahuan dan wawasannya dari sekolah formal maupun lingkungannya. Ajari dia untuk bekerja keras dan mencapai mimpi-mimpinya. Ajarkan dia mementingkan otaknya dan bukan rambutnya. Ajari dia untuk bangga dengan prestasi yang dia capai.

2. Bangun keberaniannya

Banyak anak perempuan yang menjadi korban dari perlakuan semena-mena lingkungannya, mulai dari bully dan intimidasi di sekolah. Tapi bukan berarti mereka tidak bisa berdiri untuk lebih berani melawan semua bentuk ketidakadilan itu. Inilah saatnya kamu untuk mendorong anak ambil bagian di bidang-bidang yang dianggap terlalu berisiko bagi perempuan, misalnya dalam memilih jurusan di perguruan tinggi, berani menyuarakan pendapat di depan umum,berani bermimpi menjadi seorang pemimpin atau menjadi perempuan yang punya kepercayaan diri yang tinggi.

Saat anak perempuanmu benar-benar punya mimpi yang besar tapi mereka masih merasa ragu dengan mimpi itu. Saatnya orangtua hadir untuk mendukung dan mendorong mereka melakukan hal-hal di luar dari zona nyaman mereka. Yakinkan anak gadismu untuk tidak takut gagal. Alih-alih tumbuh dan menetap untuk pilihan yang mudah, dia akan tumbuh percaya diri dalam kemampuannya mencapai hal-hal yang luar biasa kelak.

3. Persaingan itu tidak sehat

Dunia akan selalu memilih yang terbaik dari yang baik. Standar ini tentu saja bisa jadi tolak ukur yang dipercayai oleh anak gadismu. Akibatnya, dia merasa perlu bersaing dengan anak perempuan lain untuk menjadi yang terbaik dengan melakukan hal-hal yang keliru, misalnya memburuk-burukkan temannya, menjatuhkan nama baik yang lain atau mereka-reka hal yang jahat dan manipulatif untuk mencapai tujuannya.

Akan lebih baik kalau kamu mengajar putrimu bahwa dia tak perlu bersaing dengan orang lain. Ajarkan dia bahwa mendukung rekan-rekannya justru jauh lebih baik. Biarkan dia menjadi teman bagi semua orang dan membiarkannya tumbuh dengan perasaannya ketika bisa menjadi teman yang baik bagi orang lain.

4. Jangan membanding-bandingkan

Kecenderungan yang ada dalam diri seorang perempuan adalah suka membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Berapa kali kamu berdiri di depan cermin dan mulai membandingkan penampilanmu dengan perempuan lain? Kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain hanya akan menimbulkan ketidakbahagiaan dan kekecewaan terhadap diri sendiri.

Pelajaran yang sangat penting yang bisa kamu ajarkan kepada anak perempuanmu adalah supaya dia tidak lagi membanding-bandingkan kelemahan dan kekurangannya dengan orang lain. Sebagai gantinya, ajarkanlah dia untuk mencintai dirinya sendiri dan mau menerima kondisinya sendiri.

5. Tanamkan kebanggaan akan dirinya sendiri

Mungkin ada banyak orang yang menilai bahwa seseorang yang mengasihani dirinya sendiri itu semacam sebuah kesombongan. Jangan pernah mempercayainya dan bantulah gadis kecilmu untuk merasa nyaman dengan dirinya sendiri.

Orang tua bisa menjadi orang terdekat yang memberikan pengaruh besar bagaimana anak-anaknya memandang dirinya sendiri. Karena itulah, sebelum meyakinkan mereka untuk lebih percaya diri pada dirinya sendiri, ada baiknya jika orangtua mempraktikkannya lebih dulu. Ingatkan anak bahwa mereka diciptakan indah oleh Tuhan dan diberikan potensi besar untuk digali yang dalam.

6. Ajarkan dia menjadi dirinya yang seutuhnya

Patahkanlah pandangan yang berkata bahwa anak perempuan itu lemah. Karena secara mendasar baik laki-laki dan perempuan sama dihadapan Tuhan. Dan kejadian setiap orang (tak terkecuali perempuan) itu dahsyat. Karena itu, ajarkanlah anak perempuanmu untuk hidup sepenuhnya. Jangan batasi diri mereka dengan beban bahwa mereka akan menikah, menjadi seorang istri, merawat anak dan mengurus rumah tangga.

Saat setiap orangtua benar-benar menyadari semua hal di atas, jangan heran kalau gadis kecilnya akan tumbuh menjadi wanita yang kuat, percaya diri, mandiri, penyayang dan suka menolong. Ibu mana yang tak menginginkan seorang anak perempuan semacam ini?

Sumber : Familyshare.com/Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2