Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

bagusp

Official Writer
722


Ini adalah bagian kedua tulisan yang pertama  Keren, Inti dari 100 Buku, Inilah 15 Hal Paling Penting Untuk Sukses dalam Hidup ( 1 )

Leon Ho yang adalah founder dan CEO lifehack.org membuat rangkuman yang menarik. Rangkuman ini didapat selama 10 tahun perenungan dia, membaca 100 buku yang membahas cara hidup lebih produktif dan akhirnya dia mendapatkan 15 hal yang paling penting agar bisa maksimal dalam hidup. Apa saja 15 hal tersebut?

1. Jangan menunggu deadline dari orang lain, tetapkan bagi diri Anda sendiri

2.     Lacak waktu Anda seperti seperti rekening bank Anda

3. Jangan fokus pada kelemahan Anda, kerjakan kekuatan Anda

4.     Lakukan tugas menurut prioritas kepentingan bukan berdasarkan urutan

5.     Jangan menggigit lebih dari yang bisa Anda kunyah

6.     Orang pintar tahu kapan harus mendelegasikan

7.     Gunakan otak Anda untuk berpikir, tidak untuk mengingat

Okay itu adalah rangkuman dari 7 point di tulisan pertama, sekarang kita lanjut ke tulisan kedua.

8.    Tinjau produktivitas Anda di penghujung hari

Pada akhir hari Anda, luangkan waktu untuk melihat kembali apa yang telah Anda capai, dan apa yang bisa diperbaiki.

Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:

Apa yang telah saya lakukan dengan baik?

Apa yang telah saya lakukan dengan buruk?

Mengapa beberapa hal tidak berjalan seperti yang direncanakan?

Bagaimana saya bisa lebih baik besok?

Bila kita tidak bercermin, kita hanya mengandalkan pertumbuhan alami. Orang-orang sukses berkonsentrasi pada praktik yang disengaja, di mana mereka secara aktif mengidentifikasi dan memusatkan perhatian pada berbagai hal untuk diperbaiki. Bahkan jika Anda merasa telah melakukan pekerjaan dengan baik, tetap pertimbangkan apa yang bisa dilakukan dalam hal perbaikan. Selalu ada sesuatu!

9.    Kadang-kadang tugas yang dikurangi lebih baik daripada menambah

Jadikan sebagai hal yang perlu dilakukan untuk membersihkan apa yang tidak berguna dan mengacaukan hidup anda. Hal itu dapat berupa tugas manual, barang fisik atau bahkan hubungan. Ketidakteraturan fisik tidak hanya menghabiskan banyak ruang tapi juga menghambat kinerja karena seolah kita sedang kelebihan beban. 

Sama seperti kita perlu menata ulang secara fisik, kita perlu melakukan hal yang sama dengan ruang digital kita, hanya memberi ruang untuk apa yang penting dan menghapus sisanya. Perangkat Anda akan bekerja lebih efisien, dan Anda tidak perlu menyaring arsip dan file tanpa akhir untuk menemukan apa pun yang ingin Anda akses. Kurang itu lebih.

10.    Perkirakan waktu untuk tugas anda

Terkadang ini adalah sesuatu yang kita lalui, masuk ke sebuah proyek tanpa mempertimbangkan berapa banyak waktu yang akan kita hadapi. Untuk membantu ini, ikuti aturan 2 menit. 

Jika bisa selesai dalam dua menit, kerjakan lebih dulu

Mengabaikan perkiraan waktu Anda dapat menyebabkan Anda membuang waktu; Karena Anda tidak memiliki tujuan sebenarnya dalam pikiran atau tenggat waktu yang ingin Anda temui. Jika Anda tidak menetapkan standar, Anda tidak akan tahu aspek mana yang perlu diperbaiki dan di-tweak untuk efisiensi saat tugas diulang.

Contoh: Anda membuat salad alpukat. Sebelum memulai, berapa lama menurut Anda akan dibutuhkan? 30 menit? 15? 3? Ketika kita mempertimbangkan tugas yang ada dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, kita mulai merencanakan bagaimana melakukannya dengan lebih efisien.

11.  Tarik lebih jauh kreativitas Anda tidak peduli apa pekerjaan Anda

Kita membutuhkan sedikit kreativitas untuk setiap tugas yang kita selesaikan, tidak peduli betapa biasa hal itu tampak. Kreativitas tidak selalu menjadi bakat alami, tapi juga seperti otot yang bisa dilatih. Kita membutuhkan sedikit kreativitas untuk meningkatkan efisiensi.

Ini bisa berhubungan dengan tugas seperti manajemen waktu atau prosedur produksi. Anda perlu melatih kreativitas Anda untuk membuat praktik yang sudah ada dengan lebih baik lagi.

12.    Ketahuilah kapan harus berhenti 

Bila produktivitas dalam mengerjakan proyek berkurang, Anda perlu tahu kapan waktunya untuk berhenti. Semakin lama tugas dilakukan, semakin kecil kemungkinannya untuk sukses. Ketika mulai tampak bahwa kemajuan menurun, saatnya untuk mengurangi kerugian Anda dan mengevaluasi kembali rencana permainan Anda.

Contoh: Ketika sebuah bisnis menyadari bahwa mereka kehilangan lebih banyak uang setiap bulannya, mereka perlu mengubah strategi mereka.

13.    Selalu berasumsi bahwa Anda tidak tahu sebanyak mungkin yang Anda kira Anda tahu

Karena kenyataannya, kebanyakan orang tidak banyak tahu. Ada persediaan informasi tanpa henti yang berkaitan dengan apa saja. Jangan pernah terlalu puas, selalu ketahuilah bahwa ada ruang untuk perbaikan. Hanya karena Anda memiliki hal yang baik, itu tidak berarti bahwa itu tidak bisa lebih baik. Selalu terus berusaha untuk lebih dan mencari wawasan baru. Anda benar-benar akan jadi yang terbaik jika Anda mencari cara baru untuk tumbuh. Dan yang terpenting, jangan biarkan dirimu diam-diam sombong atau bahkan secara lahiriah sombong. Tetap rendah hati. Anda akan mendapatkan lebih banyak rasa hormat dari rekan sejawat dan pengikut Anda dengan cara ini.

14.    Kenali kepuasan instan Anda dan selesaikan itu

Ini yang disebut dengan kepuasan instant. Ini adalah perasaa dimana anda merasa sangat hebat dan efisien sehingga anda berasa tidak perlu lagi bekerja lebih baik lagi. 

15.    Mulailah dengan gambaran besar, kerjakan rinciannya

Kenali tujuan akhir yang ada, dan mulailah dari awal. Kemudian, ambillah setiap tugas secara berurutan yang perlu dicapai untuk mencapai tujuan akhir ini. 



Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

yunus prasetyo 21 September 2017 - 17:51:27

BAGAIMANA TERBEBAS DARI UTANG

0 Answer

yunus prasetyo 21 September 2017 - 17:51:25

BAGAIMANA TERBEBAS DARI UTANG

0 Answer

Dimas 21 September 2017 - 14:46:19

Apa paswod dhea ananda putri?

0 Answer


Yuriko Setiawan 20 September 2017 - 22:15:44
Shalom. Sy Yuriko & suami sy Andi Irawan di Bdg, m... more..

Daniel Sadana 17 September 2017 - 18:48:33
Shaloom, mohon bantu doa, aga rkeadaan ekonomi kam... more..

Johanes Sutanto 17 September 2017 - 17:12:06
Hallo, saya Mau request untuk pekerjaan. Bantu DO... more..

blandina siahaan 17 September 2017 - 00:10:33
Syalom, tolong bantuan doanya ya, agar ekonomi kel... more..

Banner Mitra Week  3


7303

advertise with us