Share this article :

Periksa Label di Kemasan Buah Sebelum Membelinya, Cara Terbaik Beli Buah Bebas Pestisida

 Tue July 18th, 2017
 329

Artikel ini ditulis oleh :

Lori Mora

Official Writer
 

Periksa Label di Kemasan Buah Sebelum Membelinya, Cara Terbaik Beli Buah Bebas Pestisida Sumber : ProChlapy.cz

Buah adalah sumber vitamin dan nutrisi bagi kesehatan tubuh. Saat membeli buah, kita akan cenderung memilih buah dengan bentuk fisik yang segar dan tampak manis. Tapi kita sering lupa untuk memeriksa label pemindai harga yang menempel di kemasan buah, yang ternyata sangat menentukan kondisi buah yang kita beli. Tahukah kamu kalau label itulah yang membantumu untuk memilih buah jenis organik atau non-organik (yang diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan kimia seperti fungisida, herbisida dan pupuk). Karenanya kita harus tahu arti label-label itu sebelum membelinya.

Label-label dengan jumlah angka seperti 3, 4, 8, 9, dll, membuktikan fakta tertentu yang akan membantumu memilih buah yang tepat, sebagaimana dijelaskan di bawah ini:

1. Label dengan empat angka

Kalau labelnya terdiri dari empat nomor, itu artinya buah ditanam secara konvensional dengan menggunakan pestisida. Biasanya nomor ini terdapat di bagian terakhir dari kode yang tertera dalam label.

2. Label dimulai dengan 3 atau 4

Kalau label 4 digit dimulai dengan nomor 3 atau 4, berarti produk itu ditanam secara konvensional. Contoh label ini adalah 3011 atau 4011.

3. Label dimulai dengan angka 8

Kalau label kemasan dimulai dengan angka 8 itu artinya bahwa buah tersebut adalah buah non-organik yang dimodifkasi secara genetik. Contoh labelnya adalah 84011.

4. Label dimulai dengan angka 9

Kalau 5 digit angka di label dimulai dengan angka 9, itu artinya produk organik. Contoh labelnya adalah 94011.

Setelah mengetahui jenis-jenis label ini, saatnya bagimu untuk menentukan jenis buah yang bagaimanakah yang harus dibeli.

Pertama hindari buah-buahan yang sarat pestisida. Sebagaimana kita tahu, zat kimia sejenis pestisida merupakan sumber penyebab masalah kesehatan yang cukup serius seperti kerusakan sel saraf, cacat lahir dan juga kanker.

Kedua, hindari jenis buah yang banyak menggunakan penyemprot pestisida. Pestisida biasanya akan disemprotkan ke buah atau bahan makanan supaya tidak mudah rusak atau busuk. Penyemprot pestisida ini biasanya diberikan kepada strawberry, bayam, apel, buah persik, pir, cerry, anggur, tomat, mentimun, blueberry, wortel, jeruk, dan sebagainya.

Ketiga, pilih jenis buah organik yang sehat. Sejumlah buah yang paling aman dari penggunaan pestisida adalah alpukat, nanas, pepaya, asparagus, mangga, kiwi dan sebagainya.

Buah dengan kondisi fisik yang segar dan manis tidak menjamin apakah buah itu sehat juga. Tapi dengan mengetahui proses produksi buahlah yang bisa membantu kita mendapatkan buah yang sehat dan berguna bagi kesehatan. Jangan sampai kita salah pilih karena kurang pengetahuan ya!

Sumber : Boldsky.com/Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !


Share this article :
Humble Man 25 July 2017 - 00:12:21
Dear all, saya minta tolong dibantu doa untuk supa... more..

Roxel Christiancen 24 July 2017 - 08:11:01
Shalom teman teman. Saya mempunyai suatu permasala... more..

Jonathan Stanlie 21 July 2017 - 11:56:55
Teman - teman, Saya bersama pasangan saat ini sed... more..

ElizaBeth Lokaputra 18 July 2017 - 21:47:30
Rekan seiman saya minta didoakan untuk 1.mendapat... more..

Connect With Us


connect facebook connect twitter connect youtube connect google instagram
Doa yang Dijawab Tuhan
Doa yang Dijawab Tuhan
Pertengahan tahun adalah musim penerimaan siswa baru di setiap jenjang pendidikan. Antusiasme dirasa...