1 dari 5 Wanita Meninggal Karena Ini, Bahkan Kebanyakan Tanpa Gejala. Lindungi Diri Kamu
Sumber: bbc.com

Health / 12 July 2017

Kalangan Sendiri

1 dari 5 Wanita Meninggal Karena Ini, Bahkan Kebanyakan Tanpa Gejala. Lindungi Diri Kamu

bagusp Official Writer
3055

Centers for disease control di USA memberikan laporan bahwa penyakit jantung membunuh 22 persen wanita. Yang paling mengerikan adalah bahwa sebanyak 64% wanita yang mati mendadak karena penyakit jantung koroner ini bahkan tidak memiliki gejala sebelumnya. Sangat menakutkan bukan? 

Sekarang pertanyaannya adalah penyakit jantung seperti apa, penyebabnya, dan bagaimana mencegahnya akan dibahas di artikel ini. 

Apa itu penyakit jantung?

Menurut National Heart, Lung, dan Blood Institute, penyakit jantung merupakan "kelainan pembuluh darah jantung yang bisa menyebabkan serangan jantung". Dan sayangnya, kita semua terlalu akrab dengan apa itu serangan jantung. Masalah berat dan bahkan kematian bisa terjadi bila arteri Anda tersumbat dan jantung Anda tidak mendapatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang diperlukan.

Faktor risiko

Mengapa orang bisa beresiko terkena penyakit jantung, ada beberapa penyebab yang bisa menjadi alasan serius sehingga kamu bisa terkena. Namun beberapa diantaranya bisa kita control. Beberapa di antaranya adalah :

* Tekanan darah Anda

* Kolesterol darah Anda

* Tidak merokok

* Memperhatikan berat badan

* Berolahraga

* Mengonsumsi makanan seimbang

Namun ada beberapa factor yang tidak dapat Anda kendalikan:

* Usia (55 atau lebih tua untuk wanita)

* Memiliki riwayat preeklampsia selama kehamilan

* Memiliki riwayat keluarga penyakit jantung dini

Gejala yang mungkin terjadi

Salah satu kenyataan paling menakutkan dari penyakit jantung adalah bahwa banyak wanita tidak menyadari gejala-gejala berbahaya ini sampai terlambat. Ini sangat penting kemudian, untuk memperhatikan gejala penyakit jantung apa saja, seperti nyeri di dada, leher, rahang, tenggorokan atau punggung Anda. Detak jantung yang mengembang juga merupakan tanda, seperti sesak napas, kelelahan dan bengkak (biasanya di kaki, pergelangan kaki, kaki dan perut).

Jika Anda mengalami gejala ini, bicarakan dengan dokter Anda. Tetapi bahkan jika Anda tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit jantung, masih penting untuk mempertimbangkan faktor risiko dan melakukan tindakan.


Pencegahan

Seperti yang telah kita bicarakan sebelumnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko Anda. Beberapa hal termasuk:

* Menjaga tekanan darah dan kolesterol terkendali.

* Mempertahankan diabetes Anda (jika ada).

* Berhenti merokok.

* Berolahraga dan ubah kebiasaan makan Anda.

Penting juga untuk mengetahui bahwa jika Anda didiagnosis menderita penyakit jantung, Anda akan selalu memilikinya - ini bukan sesuatu yang hilang. Anda dapat melakukan bagian Anda untuk membantu menjaga penyakit Anda:

Menurut NHLBI, "perubahan gaya hidup dan obat-obatan dapat membantu mengendalikan CHD [penyakit jantung koroner]. Perubahan gaya hidup termasuk mengikuti pola makan sehat, aktif secara fisik, menjaga berat badan yang sehat, berhenti merokok, dan mengelola stres."

Nah jadi yang dapat kita lakukan adalah menjaga kondisi tubuh kita sebaik-baiknya dan hidup dengan seimbang. Ingat, bahwa kematian bisa menjemput kita kapan saja, namun jika kita bisa melakukan sesuatu agar hidup kita lebih panjang umur itu akan jauh lebih baik agar kita bisa terus bersama dengan orang yang kita cintai.

Sumber : familyshare.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami