Bosan Baca Alkitab? Coba Aja 6 Cara Kreatif Ini Dijamin Deh Bikin Kamu Pengen Baca Terus
Sumber: Kristenalkitabiah.com

Kata Alkitab / 7 July 2017

Kalangan Sendiri

Bosan Baca Alkitab? Coba Aja 6 Cara Kreatif Ini Dijamin Deh Bikin Kamu Pengen Baca Terus

Lori Official Writer
19380

Salah satu kewajiban kita sebagai orang Kristen adalah rajin membaca Alkitab, yang merupakan isi hatinya Tuhan sendiri. Karena semakin banyak firman yang kita baca, semakin bertambahlah pengetahuan kita soal pengenalan akan Allah sendiri dan bahkan kita bisa paham tentang tujuan-Nya atas dunia dan atas hidup kita pribadi.

Kita tahu kalau Alkitab itu memang sangat panjang dan terdiri dari puluhan perikop. Ada bagian yang menarik dan adapula bagian yang sangat membosankan. Hal inilah yang bisa saja membuat kita jadi malas membaca Alkitab secara rutin dan tentu saja ada faktor-faktor penyebab lainnya yang kita alami, seperti malas juga.

Menyadari problema orang Kristen ini, ada banyak lembaga Alkitab yang kemudian menelurkan ide kreatif untuk menceritakan kisah-kisah di Alkitab dengan cara yang menarik, segar, inovatif dan juga kreatif. Merekalah yang mencetuskan 6 cara baru baca Alkitab ini. Kamu wajib coba!

1. Alkitab Tentang Kisah Yesus

Alkitab tentang kisah Yesus atau yang dalam bahasa Inggris ‘The Jesus Storybook Bible’ ini berisi ilustrasi yang cukup menarik dan mengagumkan. Bukan cuma menampilkan karakter yang benar-benar mirip dengan gambaran keadaan di Timur Tengah sendiri, tapi buku ini juga disusun dengan sangat terperinci dan menjelaskan inti Alkitab soal Yesus dan bagaimana pembacanya benar-benar bisa menemukan fakta nyata soal Yesus sendiri, bukan seperti penilaian banyak orang bahwa kisah Alkitab hanyalah dogeng penghantar tidur belaka.

2. Alkitab Versi ‘The Massage’

Belakangan ini banyak sekali orang Kristen yang sepertinya lebih memilih untuk memakai The Massage sebagai pembanding dengan versi Alkitab biasanya kita pakai. Alkitab yang disusun oleh Eugen Peterson ini memang merupakan bentuk paraphrase Alkitab, yang secara konten memberikan penuturan yang gamblang kepada pembaca tanpa mengurangi sedikitpun makna dari bahasa aslinya. Sayangnya, The Massage ini memang dibuat hanya untuk Alkitab Perjanjian Baru saja yang tujuan awalnya supaya membantu orang-orang yang nggak tertarik membaca Alkitab karena merasa isinya nggak lagi menarik karena sudah berulang kali dibaca.

Alkitab versi yang satu ini pertama kali terbit pada tahun 1990-an dan terbilang sangat laris meskipun banyak juga orang yang meragukan keakuratan isinya. Walau begitu The Massage ini tetap bisa jadi referensi buat kamu sebagai pembanding ya.

3. Alkitab Manga

Alkitab Manga adalah versi Alkitab yang benar-benar disusun dengan mengupas tuntas tentang cerita lama, kering dan nyaman di dalam Alkitab. Ini bukan seperti yang kamu pikirkan tentang Manga Jepang yang mengisahkan tentang cerita berdarah yang mengerikan, dramatis dan menantang. Buku yang satu ini ditulis oleh penulis komik bernama Siku, yang dengan kemampuan literaturnya mengemas Alkitab ini melalui bahasa puitis dan membuat pembaca masuk dalam kisah itu.

4. Applikasi Alkitab

Aplikasi Alkitab YouVersioan adalah salah satu aplikasi mobile Alkitab pertama yang pernah ada. Bukan Cuma menyediakan satu terjemahan saja, tapi aplikasi Alkitab ini menyediakan berbagai macam bahasa sesuai dengan keinginan kita. Dengan kemampuan smartphone seperti sekarang ini, kamu bisa membaca Alkitab sesuai dengan bahasa yang kamu inginkan.

5. Alkitab Jalan

Alkitab Jalan atau The Street Bible adalah referensi Alkitab kreatif lainnya. Di dalamnya, kisah-kisah Alkitab diceritakan kembali seperti film-film blockbuster; kisah Mazmur seperti lirik lagu; surat-surat Paulus seperti sebuah pesan email; Wahyu seperti Virtual Reality. Inilah versi Alkitab yang sangat cocok buat kamu yang udah bosan membaca huruf-huruf kecil Alkitab lamamu.

6. Alkitab Lumo

Alkitab versi Lumo ini menampilkan kisah-kisah versi Alkitab ke dalam format live-action. Meski begitu, isinya tetap menjunjung akurasi historis dan komitmen terhadap teks Alkitab, semuanya ber-setting di Timur Tengah.

Ada empat bagian Injil yang dibuat dalam versi Alkitab Lumo ini, beberapa diantaranya bisa ditonton secara gratis melalui Aplikasi Alkitab YouVersion. Ada juga rangkaian film Alkitab lain yang tersedia secara online.

Ada banyak cara kreatif lainnya yang juga bisa kamu gunakan untuk bersemangat dan rajin membaca Alkitab. Tapi sebelumnya, coba dulu deh versi Alkitab di atas. Kamu bisa memilih sesuai dengan yang kamu inginkan.

Sumber : CT/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami