Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
1565


Di momen lebaran ini, mungkin banyak di antara kamu yang malah makan berlebih dan tak mau pusing dengan dampak negatif kalap makan bagi kesehatan. Tapi hal tersebut sama berbahayanya pula dengan mengkonsumsi  sedikit atau bahkan kekurangan asupan makanan.

Setiap hari tubuh kita memerlukan sejumlah kalori untuk mendukung fungsi organ tubuh. Tapi demi menjaga bentuk tubuh, kita justru melakukan diet yang sangat ketat dengan mengurangi sejumlah asupan makanan yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya, kekurangan asupan makanan menyebabkan 8 dampak kesehatan ini:

1. Merasa lelah sepanjang waktu

Salah satu alasan utama kenapa kamu merasa lelah sepanjang waktu adalah karena asupan kalori dalam tubuh sangat sedikit. Bukan berarti diet tidak baik dilakukan tapi dengan melakukannya dengan cara yang keliru, hanya akan menyebabkan dampak serius. Salah satunya adalah menurunnya metabolisme akibat kurangnya asupan energi yang bersumber dari makanan.

2. Merasa lapar sepanjang hari

Saat kamu merasa lapar dalam rentang waktu yang singkat, kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya asupan makanan dalam tubuh. Ada banyak teori yang menyarankan sebaliknya bahwa perasaan lapar itu disebabkan karena metabolisme yang cepat. Tapi penting untuk kita pahami kalau sebenarnya rasa lapar yang dibarengi dengan kondisi lelah sepanjang hari disebabkan oleh kurangnya kalori dalam tubuh.

3. Rambut rontok

Makan lebih sedikit juga bisa menyebabkan rambut rontok loh. Karena sama seperti organ tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan nutrisi yang tepat untuk tumbuh dan sehat secara alami. Waktu kita melakukan diet yang ketat maka otomatis asupan nutrisi dalam tubuh akan berkurang. Inilah yang menyebabkan rambut kita cenderung rontok dan juga kehilangan kilau alaminya.

4. Alami gangguan tidur

Soal hal ini kamu mungkin nggak pernah tahu, tapi ternyata mengkonsumsi sedikit makanan sangat berdampak pada pola tidur. Gangguan tidur bisa jadi salah satu dampaknya. Saat tidur di malam hari terganggu maka efeknya akan berimbas pada kondisi tubuh yang tidak fresh di pagi harinya. Kalau kamu terbangun dengan perasaan letih dan lesu setiap kali bangun pagi, ini pertanda kalau pola makan kamu mungkin bermasalah.

5. Merasa gelisah sepanjang waktu

Sama seperti mobil yang membutuhkan bensin sebagai bahan kabar, begitu juga dengan tubuh kita memerlukan makanan cukup. Saat kita kekurangan nutrisi dalam tubuh kemungkinan besar akan menyebabkan perubahan mood yang sangat cepat. Cepat merasa kesal dan gelisah adalah dampak paling buruknya. Karena itu, mulailah kembali mengatur jumlah asupan makananmu setiap hari.

6. Tubuh merasa dingin sepanjang hari

Merasa dingin sepanjang hari walau tidak berada di ruangan ber-AC patut dicurigai sebagai tanda gangguan kesehatan. Bisa jadi hal ini karena kurangnya asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Sebagaimana rumus yang berlaku bahwa semakin sedikit jumlah kalori yang masuk dalam tubuh maka suhu tubuh akan menurun secara alami. Karena itulah kamu perlu mengecek kembali bagaimana pola makan kamu.

7. Mengalami gangguan perncernaan seperti sembelit  

Masalah sembelit adalah persoalan yang patut diperhatikan oleh mereka yang sedang menjalani diet ketat. Tubuh kita membutuhkan cukup banyak serat untuk menghasilkan massa tubuh. Jika kita justru membatasi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, hal ini bisa saja menyebabkan masalah pencernaan. Karena itulah kamu perlu menyeimbangkan kembali asupan makanan yang dibutuhkan tubuh.

8. Suasana hati yang cenderung berubah-ubah

Sebagaimana disinggung di poin 5, bahwa saat tubuh kekurangan asupan nutrisi maka seseorang akan mudah gelisah dan mood yang cenderung berubah-ubah. Tapi perlu ditekankan bahwa perubahan mood dalam hal ini bisa menjadi sangat ekstrim dan sangat merugikan.

Dengan menyadari bahayanya kekurangan nutrisi dalam tubuh, tentunya kamu disarankan untuk menyeimbangkan asupan makanan dalam tubuh. Tapi bukan berarti kamu malah bebas mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin ya di momen lebaran ini. Ingat, mengkonsumsi makanan secara seimbang dan sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh itu jauh lebih baik. 

Sumber : Timesofindia.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Tomy Cimot 16 December 2017 - 21:44:40

paus

0 Answer

Muhammad Ammar 16 December 2017 - 11:46:15

Hasil pembongkaran protein di hati yang selalu di .. more..

0 Answer

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer


mario 17 December 2017 - 02:53:51
Tolong doakan saya sangat butuh hikmat kekuatan d... more..

Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Banner Mitra Week  3


7334

advertise with us