Niatnya Sih Baik. Tapi, Overprotective Pada Anak Bisa Berdampak Buruk Lo
Sumber: News.com.au

Parenting / 20 June 2017

Kalangan Sendiri

Niatnya Sih Baik. Tapi, Overprotective Pada Anak Bisa Berdampak Buruk Lo

Claudia Jessica Putri Contributor
2654

Overprotective? Apa itu overprotective? Overprotective diambil dari kata over yang artinya berlebihan dan protective yang artinya perlindungan/melindungi. Jadi overprotective adalah melindungi yang berlebihan. Overprotective itu keadaan dimana seseorang terlalu sayang sama orang lain. Bukan cuma sama pasangan aja. Orang tua juga bisa overprotective sama anaknya.

Nah, sekarang kita mau bahas sisi negatif atau dampak dari overprotective.

1.Tidak Nyaman

Ketika seseorang merasa dirinya terus menerus diawasi oleh orang lain pasti deh orang itu merasa ngga nyaman.

2 .Membatasi Ruang Gerak

Sering kali orang tua melarang anaknya untuk tidak melakukan ini dan itu. Tahukah kamu kalau itu membuatnya jadi seseorang yang sulit untuk bergaul?

3.Cenderung Berkata Bohong

Terlalu sering bertanya kadang terasa seperti mengganggu. Alhasil berkata tidak jujur supaya ngga ditanya terus-terusan.

4. Membatasi Tumbuh Kembang

Kok bisa? Biasanya sih kejadian ini dialami antara anak dan orang tua. Karena sering dibantu, jadinya suka mengandalkan orang lain atau kadang jadi ngga pede, minderan deh

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Nih, aku punya beberapa tips, yang mungkin bisa membantu

1.Berikan Kepercayaan

Saat seseorang diberikan kepercayaan, pasti orang itu akan berusaha menjaga kerpercayaan kamu meskipun dia bisa saja gagal.

2.Menjadi Pendengar yang Baik

Ngga harus memberi solusi. Mungkin dia hanya butuh teman untuk berbagi. Ketika dia sudah terlihat kesulitan, cobalah tawarkan bantuan padanya.

3.Ajak Berpendapat

Hormati pendapatnya meskipun kamu anggap itu tidak benar, jangan langsung menyangkalnya. Ajarkan juga untuk menghormati pendapat orang lain.

4.Biarkan Anak Memilih Minatnya

Unuk para orangtua, jangan selalu membuat keputusan untuk anak. Biarkan mereka memilih minatnya sendiri. Seperti, memnentukan dimana dia akan bersekolah.

Niatnya memang untuk melindungi. Tapi, sesuatu yang berlebihan itu juga ngga baik. Biarkan dia untuk belajar mandiri dan jangan lupa terus mendoakannya. Seperti tertulis dalam Filipi 4:6-7 "Janganlah kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus." Tuhan senantiasa memberkati dan menyertai.

Halaman :
1

Ikuti Kami