Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Contributor
780


Bagi pasangan menikah mendengkur bisa jadi hal yang paling menyebalkan. Apalagi kalau kebiasaan ini sudah bertahun-tahun terjadi dan ternyata tanpa disadari hal itu justru telah membuat pasangan kamu menderita. Dan tahukah kamu bahwa ‘mendengkur’ bahkan bisa jadi pemicu pertengkaran loh.

Walaupun tidak menentukan jumlah ssebenarnya, tapi sebuah penelitian melaporkan bahwa terdapat sekitar 30 persen orang berusia 30 tahun ke atas adalah para pendengkur. Jumlahnya bahkan semakin meningkat seiring bertambahnya usia. Bisa disimpulkan bahwa terdapat jutaan pasangan di seluruh dunia yang ternyata berurusan dengan gangguan psikologis dan dampak negatif dari mendengkur.

Guy Which, Ph.D, seorang psikologi menyampaikan kalau ternyata mendengkur bisa membuat pasangan menjadi mudah ‘mengeluh’. Sementara pasangan yang terbiasa ‘mendengkur’ akan mulai menyampaikan pembelaannya karena ketidakmampuannya dalam mengendalikan kebiasaan mendengkur setiap kali tidur. Selama salah satu pihak masih tetap mengulangi kebiasaan mendengkur setiap harinya, selama itulah pasangannya akan merasa tersiksa dan mengeluh tanpa henti.

Jadi untuk menghindari persoalan yang lebih fatal lagi, pasangan yang mendengkur perlu melakukan perubahan. Bukan mustahil kalau kamu yang suka mendengkur bisa saja berhenti mendengkur apabila kamu melakukan beberapa langkah ini.

1. Pakailah Humidifier  

Bagi kamu yang tinggal di negara beriklim kering, mungkin saja kualitas udara yang kamu hirup justru memperburuk dengkuranmu. Karena udara kering bisa mengeringkan selaput di bagian hidung yang memblokir jalur keluar masuk oksigen, selain itu oksigen kering juga akan menyebabkan tenggorokan kering dan meningkatkan getaran dari suara dengkuran. Karena itu, cobalah memasang alat humidifier di rumah atau kamar tidur kamu.

2. Tidur dengan posisi miring

Kalau kebiasaan mendengkurmu tidak terlalu parah, kamu mungkin bisa mengatasinya dengan tidur dalam posisi miring atau menyamping. Masalahnya mungkin adalah bagaimana cara untuk tetap berada di posisi itu sepanjang malam. Salah satunya mungkin dengan menempatkan bantal guling di bagian belakang badan.

3. Berhenti mengkonsumsi obat tidur atau alkohol

Jika kamu adalah seorang peminum alkohol, pecandu obat tidur atau obat penenang lainnya sebelum tidur, kamu mngkin harus berhenti melakukannya. Kebiasaan ini berakibat fatal pada otot-otot tenggorokan dan cenderung bisa mengganggu pernapasan. Konsultasikan diri ke dokter kalau memang kebiasaan di atas justru membuatnya jadi pendengkur yang tak terkontrol.

4. Sembuhkan masalah alergimu

Bagi sebagian orang, mendengkur adalah masalah musiman yang muncul dan berlanjut karena adanya serbuk sari atau alergi yang terjadi. Meskipun efek alergi bisa dikurangi dengan membersihkan atau menyedot debu yang menyelinap di sekitar tempat tidur, atau mengganti seprai, hal itu tetap saja tidak selalu membantu.

Salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan alergi adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Kamu bisa meminum segelas teh hijau sebelum tidur dengan cara menuangkan secangkir air mendidih di dalam 1 sendok makan teh hijau bubuk.

5. Konsultasi pernapasan dengan dokter

Salah satu penyebab mendengkur adalah adanya gangguan aliran udara melalui hidung. Karena itu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk bisa mencegah kebiasaan mendengkur.

6. Sampaikan masalahmu kepada pasangan

Meskipun mungkin kamu sudah melakukan berbagai macam cara untuk mengobati masalah mendengkurmu, tapi tanpa mengkomunikasikannya dengan pasangan, kamu kemungkinan akan gagal mengatasi masalah ini. Karena kehadiran pasanganmu sangat penting untuk membantumu keluar dari kebiasaan itu.

Kamu dan pasangan perlu terbuka tentang masalah mendengkurmu. Jangan terlalu serius, bawalah masalah ini dengan santai dan minta solusi apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal itu dari dia. Jangan biarkan ‘mendengkur’ justru mengacaukan pernikahanmu dan membuatmu dan pasangan hidup di tengah konflik dan pertengkaran yang sama terus menerus ya.

Ingatlah bahwa dalam pernikahan, masalah seberat dan sekecil apapun yang terjadi akan berhasil di atasi kalau keduanya bisa sama-sama sepakat dan mau bekerja sama. Tak pengenkan kebiasaan ‘mendengkur’ kamu malah menghancurkan pernikahanmu kan?

Buat kamu yang punya pengalaman menarik soal kebiasaan mendengkur ini bisa dibagikan loh di kolom komentar. Ditunggu ya ceritanya. 

Sumber : jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

???? ???? 15 December 2017 - 23:30:36

gimana cara kurangi like

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:10:48

shalom... salam damai bagi kita semua... mohon did.. more..

0 Answer

Michael Owen James Mayau 15 December 2017 - 21:06:49

PRAYER

0 Answer


Emille Paulus Lumena 16 December 2017 - 09:08:00
Ya Tuhan Yesus Kristus Tuhan dan Raja diatas segal... more..

Melva Sinurat 15 December 2017 - 18:33:02
Min aku mohon bantuan untuk mendoakan saya supaya ... more..

Fian Oh 15 December 2017 - 14:27:28
Saya seorang pecandu narkoba, dan saat ini hidup s... more..

Siska Agustina Parhusip 14 December 2017 - 09:40:49
Saya minta bantuan doa teman2 semua untuk mendoaka... more..

Banner Mitra Week 2


7335

advertise with us