Belgia Ternyata Punya Gereja Tembus Pandang Unik Ini Loh!
Sumber: Architect Magazine

Internasional / 16 June 2017

Kalangan Sendiri

Belgia Ternyata Punya Gereja Tembus Pandang Unik Ini Loh!

Lori Official Writer
3739

Masih ingat dengan gereja tembus pandang di Santa Maria Maggiore, Italia? Ya, itu adalah salah satu gereja paling mewah yang pernah dibangun. Karena keindahannya, banyak orang berbondong-bondong datang menyaksikannya. Tapi tentu saja ada banyak gereja lain yang nggak kalah menakjubkannya. Baru-baru ini sebuah gereja di Belgia menjadi tren karena bentuknya yang unik.

Seperti dilansir dari Dezeen.com, gereja yang dirancang oleh arsitek Belgia Pieterjan Gijs dan Arnout Van Vaerenbergh ini adalah gereja tembus pandang unik lainnya. Gereja setinggi 10 meter itu dibangun dari 100 lapisan pelat baja yang ditumpuk.

Bagian dinding yang sengaja tidak ditutup rapat membuat para pengunjung bisa melihat bagian dalam ruangan. Bentuk gereja ini memang tidak berbeda jauh dengan bentuk gereja tradisional pada umumnya, dimana di sisi bagian depan dibuat tinggi menjulang.

Daya tarik ini membuat gereja ini menjadi populer. Pasalnya, saat dilihat dari ketinggian dan dari bawah, bentuknya akan berbeda. Di ketinggian gereja ini berbentuk gereja kayu, namun jika dilihat dari dataran tampak sebuah rahasia tersembunyi, dimana baja yang digunakan disusun secara metodis dalam garis dan kolom. Dari beberapa sudut terlihat seperti memudar ke latar belakang dan seperti mengambang.

Gereja ini dibangun sebagai bagian proyek Z-OUT Z33, rumah untuk seni kontemporer yang berbasis di Hasselt, Belgia. Z-OUT adalah seni jangka panjang yang ambisius ruang publik yang akan direalisasikan di Flandria Limburg sepanjang lima tahun ke depan. 

Sumber : Dezeen.com
Halaman :
1

Ikuti Kami