Anak Malas? Ceritakan Kisah Tokoh Alkitab Yusuf, Biar Dia Terinspirasi!
Sumber: www1.cbn.com

Parenting / 12 June 2017

Kalangan Sendiri

Anak Malas? Ceritakan Kisah Tokoh Alkitab Yusuf, Biar Dia Terinspirasi!

Budhi Marpaung Official Writer
13905

Salah satu masalah anak yang sering dijumpai dan kerap dialami oleh setiap orangtua adalah kemalasan. Sikap buruk ini jika tidak segera diatasi akan menjadi sebuah kebiasaan yang pastinya akan jauh lebih sulit lagi diubahkan.

Sebagai solusinya, maka dari sejak dini, kita – orangtua – harus menumbuhkan sikap rajin dalam diri anak. Bersyukur kepada Tuhan, kita memiliki Alkitab. Banyak ayat di sana yang mengajarkan manusia untuk tidak malas.

Salah satu bagian di Alkitab yang menarik dan cocok untuk dibagikan kepada anak seputar sikap rajin adalah kisah tentang Yusuf, anak Yakub. Kisah ini menarik karena tidak hanya menampilkan rajin dalam kondisi menyenangkan. Akan tetapi juga, rajin dalam kondisi yang tidak menyenangkan.

Ketika membaca Yusuf masih berada di keluarga tidak terlalu nampak bahwa Yusuf adalah seorang yang rajin. Namun, peristiwa dimana ia berada di rumah Potifar membuktikan bahwa kakak laki-laki dari Benyamin ini adalah seorang yang rajin.

“Segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf, dan dengan bantuan Yusuf ia tidak usah lagi mengatur apa-apapun selain dari makanannya sendiri. Adapun Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya.” (Kejadian 39:6)

Sangat mustahil seorang yang malas dapat bekerja dengan hasil sebaik itu, bukan?

Adapun poin-poin penting yang dapat kita bagikan kepada anak dari kisah Yusuf anak Yakub berkaitan dengan sikap rajin:

1. Jika kita rajin maka orang akan menyenangi kita termasuk orangtua.

2. Rajin itu tidak perlu ditentukan oleh situasi sekitar.

3. Rajin atau malas menentukan keberhasilan-kegagalan kita. Jika kita rajin maka dampaknya keberhasilanlah yang kita dapatkan (kita menjadi pintar, kita bisa menyelesaikan persoalan); sedangkan jika kita malas maka kita menjadi bodoh, kita akan kesulitan mengatasi masalah yang ada.

Siap dan bergairah untuk membagikan kisah inspiratif dari seorang Yusuf anak Yakub kepada sang anak? Hanya saja, perlu diingat juga, jadilah teladan dalam hal kerajinan karena keteladanan akan memperkuat apa (pesan) yang kita bagikan kepada anak kita.

Selamat mempraktikkan! Tuhan Yesus memberkati!

Sumber : Jawaban.Com
Halaman :
1

Ikuti Kami