Penuh Jebakan, Bahkan Bisa Masuk Penjara. Ini Cara Aman Main Sosial Media
Sumber: huffington post

Kata Alkitab / 8 June 2017

Kalangan Sendiri

Penuh Jebakan, Bahkan Bisa Masuk Penjara. Ini Cara Aman Main Sosial Media

bagusp Official Writer
2933

Masih ingat kasus postingan Riko M Ferajab yang posting di Facebook dan mengatakan bahwa rejim Jokowi paling busuk dan mengkriminalisasi ulama? Akibatnya sungguh fatal, singkat cerita Riko akhirnya harus dipecat dari pekerjaannya di Indosat. Semua hanya gara-gara postingan di sosial media.

Masih banyak kisah lain yang semua bermula dari media sosial dan akhirnya berakhir kurang menyenangkan. Sosial media bisa menjadi alat yang baik atau buruk tergantung cara kita menggunakannya. 

Nah gimana sih cara agar kita aman-aman saja menggunakan facebook, twitter, line, instagram dan lain sebagainya?


Jangan share HOAX

Jangan pernah share berita hoax. Gimana bisa tahu mana yang hoax dan mana yang tidak? Salah satu filternya bisa dilihat dari sumber asal berita itu. Jika dari berita yang kredibel dan nasional, maka itu layak buat di share, tapi jika berasal dari situs yang abal-abal dan ngga jelas, lebih baik jangan di share.


Tidak ada unsur penghinaan

Saat kamu share sesuatu di sosial media, jangan sampai ada unsure penghinaan. Meskipun rasanya jengkel dan gemes setengah mati pada seseorang, jangan sampai melakukan penghinaan di media sosial, bahaya banget. 

UU ITE tahun 2008 pasal 27 ayat 3:

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik dapat di dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,000 (satu miliar rupiah)"

Nah nanti salah-salah kamu bisa dituntut pencemaran nama baik lho!


Bersifat konstruktif

Semua hal yang kita bagikan di sosial media mustinya bersifat membangun, mencerahkan, menginspirasi dan membuat orang berpikir kritis. Tidak justru sebaliknya membuat marah, geram, dendam dan emosi naik. Pastikan apa yang kita bagikan itu hal yang baik ya.


Nah jika kita bisa lakukan itu di sosial media, maka akan jauh lebih baik kehidupan ini bukan?


Halaman :
1

Ikuti Kami